Manfaat dan Khasiat Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes Diare Dan Sariawan Tanaman Herbal

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes, Diare, Dan Sariawan

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes, Diare, Dan Sariawan – Buah jambu biji atau dalam bahasa Iatinnya Psidium guajava sangat mudah hidup di berbagai negara termasuk Indonesia. Jambu biji termasuk tanaman perdu dan memiliki cabang dan ranting, batang pohonnya keras. Permukaan kulit luar pohon jambu biji berwarna coklat dan licin. Apabila kulit kayu jambu biji tersebut dikelupas. akan terlihat permukaan batang kayunya basah. Bentuk daunnya umumnya bercorak bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunganya kecil-kecil berwarna putih dan muncul dari balik ketiak daun. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Pada umur 2-3 tahun jambu biji sudah mulai berbuah. Bijinya banyak dan terdapat pada daging buahnya.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes, Diare, Dan SariawanJambu biji memiliki beberapa nama lokal diantaranya di daerah jawa disebut jambu klutuk, bayawas, tokai. Di daerah sunda sering disebut dengan jambu batu dan di madura sering disebut dengan jambu bender.
Penyakit yang dapat dibantu oleh jambu biji diantaranya adalah penyakit gula (diabetes melitus), maag, diare (sakit perut), masuk angin, beser; prolapsisani, sariawan, dan sakit kulit.

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini?

Apabila ada yang terkena penyakit gula, maka dapat dibantu, dengan jambu biji. Satu buah jambu biji yang setengah masak dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan menggunakan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring dan diambil airnya.
Kemudian diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman jambu biji?

Kandungan kimia yang terkandung dibuah. daun dan kulit batang adalah senyawa tanin, sedangkan pada bunganya tidak mengandung tanin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain diantaranya minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin.
Kandungan dalam 100 gram buah jambu biji adalah Kalori 4 kal, Vitamin A 25 Sl, Vitamin B1 0.02 mg, Vitamin C 87 mg, Kalsium 14 mg, Hidrat Arang 12.2 gram, Fosfor 28 mg, besi 1,1 mg, Protein 0,9 mg, Lemak 0,3 gram, dan Air 86 gram.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Jahe Untuk Kesehatan: Mengatasi Batuk, Kembung, Hingga Sakit Kepala. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan: Mengobati Diabetes, Diare, Dan Sariawan ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top