Manfaat Jahe Untuk Kesehatan: Mengatasi Batuk, Kembung, Hingga Sakit Kepala

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan: Mengatasi Batuk, Kembung, Hingga Sakit Kepala – Kamu pasti tahu tanaman ini karena tanaman jahe sering digunakan oleh ibu kita untuk bumbu masakan. Selain untuk bumbu ternyata jahe juga mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan. Tanaman jahe mudah sekali untuk kita tanam, karena dari rimpangnya dapat tumbuh tunas. Jahe dapat tumbuh baik didaerah tropisdan subtropis seperti dinegara kita.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan: Mengatasi Batuk, Kembung, Hingga Sakit KepalaTanaman ini merupakan tanaman herba atau tanaman yang berukuran tidak tinggi. Tingginya sekitar 40-50 cm dengan batang yang membentuk rimpang. Daun berwarna hijau tua, memiliki bentuk Ianset. Hidup jahe ini hanya semusim saja. Jika kita lihat buahnya akan terlihat kotak dengan bentuk bulat panjang dan berwarna coklat.
Jahe di Indonesia pada umumnya memiliki nama lokal yang hampir sama yaitu jahe atau rimpang jahe. Tanaman jahe mempunyai beberapa khasiat terhadap tubuh manusia baik dalam dalam kebugaran tubuh dan membantu menyembuhkan bermacam penyakit diantaranya adalah membantu dalam memperlancar air susu ibu, batuk, membangkitkan nafsu makan, mulas, kembung, gatal (obat luar), luka (obat luar), sakit kepala, dan salesma. Selain itu menurut penelitian yang telah dilakukan jahe juga mampu menghambat penumbuhan jamur sehingga jika kita terkena penyakit yang diakibatkan oleh jamur dapat dicoba dengan menggunakan jahe.

Contoh penggunaan di masyarakat Indonesia

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini?

Bila kita terkena suatu penyakit misalnya sakit terasa mulas maka dapat diobati dengan jahe dengan cara jahe sebanyak 3 rimpang diparut, kemudian airnya diperas dan diminum 2 kali sehari sebanyak 1 sendok teh selama 3 hari.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman jahe?

Jahe memiliki kandungan senyawa tertentu diantaranya adalah minyak atsiri zingiberina, zingiberol, bisabolena kurkumen,filandrena, dan resin pahit.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Tomat Untuk Kesehatan: Mengatasi Perut Kembung, Kolesterol, Hingga Memar. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Jahe Untuk Kesehatan: Mengatasi Batuk, Kembung, Hingga Sakit Kepala ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

About these ads