Obat Herbal Tradisional Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit BRONKHITIS Penyakit

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit BRONKHITIS

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit BRONKHITIS – Bronkhitis atau radang paru-paru adalah kondisi di mana lapisan bagian dalam dari saluran pernapasan di paru-paru yang kecil (bronchiolis) mengalami bengkak. Selain bengkak juga terjadi peningkatan produksi lendir (dahak). Akibatnya penderita merasa perlu batuk berulang-ulang dalam upaya mengeluarkan lendir yang berlebihan, atau merasa sulit bernafas karena sebagian saluran udara menjadi sempit oleh adanya lendir.

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit BRONKHITIS
Bronkhitis dibedakan menjadi 2 jenis:

  1. Bronkhitis akut muncul secara mendadak, umumnya berlangsung dalam waktu singkat dan kondisi paru-paru akan pulih seperti sediakala setelah diobati.
  2. Bronkhitis kronis berkembang secara perlahan, semakin lama akan semakin memburuk, memerlukan obat antibiotik untuk menyembuhkannya dan kondisi paru-paru mungkin tidak akan pulih seperti sedia kala.

Sebenarnya setiap hari dalam keadaan normal, saluran pernapasan kita memang mengeluarkan lendir. Namun lendir yang dikeluarkan adalah lendir yang encer (bukan kental). Keluhan yang terjadi saat orang menderita bronhitis seperti pada :

  1. Rasa terbakar di dada.
  2. Lemah dan letih: karena energi banyak terbuang untuk batuk dan sulit tidur nyenyak di malam hari karena terganggu batuk.
  3. Napas berbunyi: karena adanya lendir di saluran pernapasan, sehingga udara harus bergesekan dengan lendir.
  4. Kulit mungkin menjadi tampak kebiruan karena kekurangan suplai oksigen.

Bronkhitis kronis mempunyai ciri yang lebih spesifik yaitu:

– Batuk yang terus-menerus dengan dahak yang banyak atau bahkan mengandung nanah.
– Napas pendek-pendek dan berbunyi

Perawatan Diri Sendiri/Mandiri untuk Penyakit BRONKHITIS :

  1. Sedapat mungkin hindari udara dingin, polutamiritan, makanan yang mungkin anda alergi.
  2. Kurangi atau hentikan merokok
  3. Minum tidak kurang dari 8 gelas air putih sehari untuk membantu mengencerkan lendir. Anda dapat menambahkan minuman yang menghangatkan, misal: yang mengandung jahe
  4. Hirup uap hangat untuk membantu mengencerkan dahak. Anda dapat menggunakan produk Vicks steam inhaler.
  5. Hirup oksigen mumi untuk mengurangi jumlah polutan/iritan di saluran pernafasan.
  6. Oleskan dada dengan minyak kayu putih atau bulsam: untuk memberikan rasa hangat.

Obat-obatan untuk meringankan Penyakit BRONKHITIS:

Untuk membantu mengencerkan dahak dan memudahkan pengeluaran lendir, gunakan obat batuk ekspektoran. Jika ada keluhan sesak napas, dapat ditambahkan obat pelega nafas. Sebagian produk pelega nafas juga mengandung pengencer dahak, sehingga anda cukup minum satu obat.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Penyakit Bronkhitis :

  1. Jamur Kayu (Ganoderma Lucidum (Leyss. ex Fr.) Karst.)
    Cara membuat : Badan buah dikumpulkan, dicuci lalu dijemur, 3-15 gram buah direbus lalu diminum. Catatan : Ling-zhi adalah jamur yang dijual ditokoobat dengan bermacam kemasan (kapsul, tablet).
  2. Lengkuas (Alpinia Galanga. Linn., Willd.)
    Cara membuat : 2 Rimpang umbi lengkuas, 2 rimpang temulawak dan 2 rimpang halial (masing-masing sebesar ibu jari), keningar, 1 genggam daun pecut kuda. 1/2 genggam daun iler, daun kayu manis secukupnya. Semua bahan ditumbuk halus, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Penyakit Bronkhitis Akut dan Kronis :

  1. Bunga Kenop (Gomphrena globose Linn.)
    Cara membuat : 9-15 Gram bunga direbus lalu diminum. Atau 10 kuntum bunga direbus. Tambahkan arak kuning. Minum secara teratur 3x sehari.
  2. Putri Malu (Mimosa Pudica Linn.)
    Cara membuat : 60 Gram akar putri malu, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa, 200 cc (dengan api kecil). Bagi menjadi 2 kali minum. Atau 30 gram mimosa pudica dan 10 gram akar peristrophe roxburghiana direbus. Bagi menjadi 2 dosis/hari. Perhatian : Wanita hamil tidak boleh meminum Herba ini.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Penyakit Bronkhitis Radang Tenggorokan :

Ki Tolod (lsotoma Longionra Presi.)
Cara membuat : 3 Lembar daun segar direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Saring lalu diminum 2x sehari, pagi dan sore. Catatan : Tanaman beracun, sekali minum, jangan lebih 3 lembar daun.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Penyakit Bronkhitis Muntah Darah :

Nanas Kerang (Rheo Discolor (LHer.) Hance)
Cara membuat : 10 daun segar ditambah gula batu lalu ditim.

Jika Anda ingin membaca artikel kesehatan sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Beri Beri. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit BRONKHITIS ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel kesehatan tentang Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

To top