Manfaat dan Khasiat Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan: Obat Sakit Gigi Demam Berdarah Dan Panas Dalam Tanaman Herbal

Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan: Obat Sakit Gigi, Demam Berdarah, Dan Panas Dalam

Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan: Obat Sakit Gigi, Demam Berdarah, Dan Panas Dalam – Air pohon ini sangat tersohor sebagai minuman favorit penghilang dahaga dan bernilai ekonomis. Iya itulah pohon kelapa, pohon yang merupakan simbol pramuka ini mempunyai nama ilmiah Cocos nucifera dan nama daerah indonesia diantaranya Kelapa, Nyiur (lndonesia), Kambil, Kerambil, Klapa (Jawa), Kalapa (Sunda), dan nama asing Coconut (Inggris), Cocotier (Perancis).

Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan: Obat Sakit Gigi, Demam Berdarah, Dan Panas Dalam
Pohon Kelapa (cocos nucifera) termasuk jenis tanaman yang mempunyai buah berukuran cukup besar. Batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang, dan dapat mencapai 10-14 meter lebih. Daunnya berpelepah, panjangnya dapat mencapai 3-4 meter lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian dan biasanya dijadikan sebagai hiasan ketika pernikahan (janur). Buah terbungkus dengan serabut dan batok yang cukup kuat sehingga untuk memperoleh buah kelapa harus dikuliti terlebih dahulu. Kelapa yang sudah besar dan subur dapat menghasilkan 2-10 buah kelapa setiap tangkainya.

Pohon ini mempunyai khasiat untuk mengobati keracunan, panas dalam, sakit panas, demam berdarah, morbili (campak), influenza, kencing batu, sakit saat haid, cacing kremi, sakit gigi, ubanan, ketombe.

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini?
Pohon kelapa ini dapat digunakan sebagai obat yaitu dengan cara meminum air kelapa, menyaring buah kelapa dan menggunakan batok kelapanya.

Contoh manfaat kelapa di masyarakat Indonesia

1. Keracunan
Satu buah butir kelapa hijau dilubangi bagian ujungnya kemudian diminum airnya sampai habis.

2. Sakit Panas
Satu butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Buah kelapa hijau dilubangi bagian ujungnya kemudian telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan dibuang kulitnya, lalu dimasukan ke dalam buah kelapa tersebut. Dan diminum pada siang hari.

3. Penyakit Panas Dalam
Pembuatannya sangat sederhana 1 gelas air kelapa muda dan 1 sendok madu dicampur dan diaduk sampai rata. obat siap digunakan. Untuk dewasa diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Untuk balita: 2 kali sehari 1/2 cangkir teh.

4. Demam Berdarah
Satu butir buah kelapa dan 1 butir jeruk nipis, buah kelapa dilubangi ujungnya lalu jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian air jeruk nipis dimasukan ke dalam buah kelapa dan diaduk sampai merata. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

5. Kencing Batu
Satu butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Buah kelapa dilubangi ujungnya lalu ayam kampung yang masih mentah. Buah kelapa dilubangi ujungnya lalu dipecah dan dibuang kulitnya, kemudian dimasukan ke dalam buah kelapa tersebut. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

6. Influenza
Seperempat butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari. Buah kelapa dan kencur diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur merata, ditambah 1 gelas air masak dan diperas untuk diambil airnya. Cara menggunakannya diminum 1 kali sehari.

7. Mengusir Cacing Kremi
Seperempat butir buah kelapa dan 1 buah wortel. Buah kelapa dan wortel diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur, ditambah 1 gelas air. Kemudian hasilnya diperas dan disaring lalu hasilnya diminum malam hari menjelang tidur.

8. Sakit Gigi Berlubang
Bahan yang diperlukan tempurung (batok), tempurung kelapa dibakar dan minyak yang keluar di pinggir api diambil dengan kapas dan digulung sebesar lubang gigi, lalu minyak yang dihasilkan tersebut dimasukan ke dalam lubang gigi yang sakit.

Apakah rahasia dibalik manfaat dan khasiat pohon kelapa ?
Buah kelapa yang sudah tua mengandung kalori yang tinggi. Air kelapa hijau, dibandingkan dengan jenis kelapa lain banyak mengandung tanin atau antidotum (anti racun) yang paling tinggi. Kandungan zat kimia lain yang menonjol, yaitu berupa enzim yang mampu mengurai silat racun. Komposisi kandungan zat kimia yang terdapat pada air kelapa antara lain asam askorbat atau vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium atau potassium dan sejumlah mineral.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Jagung Untuk Kesehatan: Baik Untuk Batu Ginjal, Batu Empedu, Dan Kencing Manis. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan: Obat Sakit Gigi, Demam Berdarah, Dan Panas Dalam ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top