Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan: Mengobati Keputihan, Sakit Kepala, Sampai Sakit Gigi

Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan: Mengobati Keputihan, Sakit Kepala, Sampai Sakit Gigi – Apa yang kita kita ketahui tentang bunga matahari? Mungkin yang kita ketahui hanya terbatas pada bijinya (kwaci) yang renyah ketika dimakan. Di sisi lain, tanaman ini mempunyai khasiat sebagai salah satu tanaman obat yang banyak manfaat.

Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan: Mengobati Keputihan, Sakit Kepala, Sampai Sakit Gigi
Bunga matahari disebut demikian karena bentuk bunganya yang menyerupai matahari yang sedang bersinar. Tanaman ini mempunyai banyak nama diantaranya Helianthus annuus (latin), Xiang ri kui (Cina), dan nama lokal Bungngong matahuroi, Bungka matahari, Purba negara, Bunga panca matoari, Bunga teleng matoari, Sungeng, Kembang sarengenge, Kembang mataare, bungga Iedomata, Kembang sangenge, Kembang tampong are.

Tanaman yang mirip matahari bersinar ini mempunyai ciri adanya bunga-bunga kecil berbentuk tabung berwarna coklat, daun berbentuk jantung, bunga besar (bunga cawan) mempunyai mahkota berbentuk pita yang berwarna kuning, sehingga tanaman ini biasa juga disebut tanaman hias. Tanaman ini berbatang tegak, berbau dengan ketinggian 1-3 meter biasa ditanam pada halaman dan taman-taman yang cukup mendapat sinar matahari. Termasuk tanaman berbatang basah yang berumur pendek (kurang dari setahun).

Bunga matahari mempunyai bagian-bagian tubuh yang dapat mengobati penyakit diantaranya bagian bunga digunakan untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi, mengurangi rasa nyeri pada sakit kepala, pusing, sakit gigi, nyeri menstruasi (dysmenorrhoe), nyeri lambung (gastric pain), radang payudara (mastitis), rematik (arthritis), sulit melahirkan. Bijinya digunakan untuk mengobati tidak nafsu makan, lesu, disenteri berdarah, merangsang pengeluaran rash (kemerahan) pada campak, sakit kepala. Akar digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing, radang saluran napas (bronchitis), batuk rejan (pertussis), keputihan (leucorrhoe). Daun bunga matahari untuk mengobati Malaria. Penyakit tersebut dapat diobati oleh bunga matahari salah satunya karena ada kandungan bahan kimia pada tanaman tersebut.

Contoh manfaat bunga matahari di masyarakat Indonesia
Bagaimana pemakaian tanaman obat ini? Bila kita terserang penyakit misalnya sakit kepala maka kita bisa menggunakan tanaman bunga matahari dengan cara mengambil bagian bunga sebanyak 25 – 30 gr bunga ditambahkan 1 butir telur ayam (Tidak dipecahkan) dicampur dengan 3 gelas air, kemudian direbus sampai menjadi 1/2 gelas. Setelah itu diminum sesudah makan sebanyak 2 x sehari.

Apa rahasia dibalik manfaat dan khasiat tanaman Bunga Matahari?
Kandungan tersebut diantaranya adalah Quercimeritnn, helianthoside A-B-C, oleanolic acid, echinocystic acid. Biji tanaman Bunga Matahari mengandung Betasitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3,4-benzopyrene.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan: Rematik, Sariawan, dan Sakit Gigi. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan: Mengobati Keputihan, Sakit Kepala, Sampai Sakit Gigi ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.