Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan: Kencing Manis Demam Perut Kembung Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan: Kencing Manis, Demam, Perut Kembung

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan: Kencing Manis, Demam, Perut Kembung – Bawang merah adalah jenis buah yang tidak asing lagi dikenal sebagai rempah. Tanaman ini mempunyai nama ilmiah Allium cepa sedangkan nama-nama daerah diantaranya : Bawang abang mirah (Aceh), Pia (Batak), Bawang abang (Palembang), Bawang sirah, Barambang sirah, Dasun merah (Minangkabau), Bawang suluh (Lampung); Bawang beureum (Sunda); Brambang, Brambang abang (Jawa), Bhabang mera (Madura), Jasun bang, Jasun mirah (Bali), Lansuna Raindang (Sulawesi Utara), Bawa rohiha (Ternate), Bawa kahori (Tidore).

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan: Kencing Manis, Demam, Perut Kembung
Tanaman bawang merah merupakan herba semusim, tidak berbatang. Daun tunggal memeluk umbi lapis. Umbi lapis menebal dan berdaging. benNarna merah keputihan. Perbungaan berbentuk gumpalan ( bongkol), mahkota bunga berbentuk bulat telur. Buah berwarna hijau. Biji segitiga warna hitam.

Khasiat bawang merah ini dapat mengobati batuk, haid tidak teratur, Kencing manis, Obat cacing, Demam pada anak-anak (obat luar), Perut kembung pada anak-anak (obat luar).

Contoh manfaat bawang merah di masyarakat lndonesia

1. Kencing manis
Untuk mengatasi penyakit ini diperlukan Umbi bawang merah sebanyak 4 gram, buah buncis 15 gram, buah buncis 15 gram, dan daun salam sebanyak 10 helai. Ditambah dengan air 120 ml. Semua bahan tersebut dibuat infus dengan diminum sehari 1 kali 100 ml diulang selama 14 hari.

2. Demam dan perut kembung pada anak-anak
Untuk mengatasi demam dan perut kembung yang digunakan adalah Umbi bawang merah secukupnya yang dipotong tipis-tipis dicampur dengan minyak kelapa dan minyak kayu putih secukupnya. Ketiga bahan tersebut diremas-remas dan hasilnya berupa minyak. Lalu dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangan pada anak yang demam.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman bawang merah?
Bawang merah mengandung Minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, flavong- likosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan: Dari Hipertensi, Asma, Hingga Ambeien. Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan: Kencing Manis, Demam, Perut Kembung ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top