Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan: Dari Hipertensi, Asma, Hingga Ambeien

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan: Dari Hipertensi, Asma, Hingga Ambeien – Bawang putih (Allium sativum) tanaman yang sudah tak asing lagi bagi kehidupan manusia, bawang ini sebagai rempah dunia juga berperan sebagai tanaman obat. Tanaman ini mempunyai nama daerah diantaranya Bawang Putih (Indonesia), Bawang (Jawa); Bawang Bodas (Sunda), Bawang handak (Lampung), Kasuna (Bali), Lasuna pute (Bugis), Bhabang pote (Madura), Bawa bodudo (Ternate), Kalfeo foleu(Timor).

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan: Dari Hipertensi, Asma, Hingga Ambeien
Bawang putih tumbuh secara berkelompok dan berdiri tegak sampai setinggi 30 -75 cm, mempunyai batang semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun. Helaian daunnya mirip pita, berbentuk pipih dan memanjang. Akar bawang putih terdiri dari serabut-serabut kecil yang bejumlah banyak. Dan setiap umbi bawang putih terdiri dari sejumlah anak bawang (siung) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih. Bawang putih yang semula merupakan tumbuhan daerah dataran tinggi, sekarang di Indonesia, jenis tertentu dibudidayakan di dataran rendah.

Khasiat tanaman ini untuk mengobati hipertensi, asma, batuk, masuk angin, sakit kepala, sakit kuning, sesak napas, busung air ambeien, sembelit, luka memar, abses luka benda tajam, digigit serangga, cacingan, sulit tidur.

Contoh manfaat bawang putih di masyarakat lndonesia

1. Hipertensi
Bahan yang diperlukan 3 siung bawang putih, kemudian bawang putih ditumbuk halus dan diperas dengan air secukupnya, lalu disaring. Cara menggunakannya diminum secara teratur setiap hari.

2. Asma, batuk dan masuk angin
Bahan yang diperlukan 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan gula batu secukupnya kemudian bawang putih ditumbuk halus, lalu dicampur bersama bahan lainnya sampai merata dan diperas/disaring. Cara menggunakannya diminum setiap pagi sampai sembuh.

3. Sakit kepala
Bahan yang diperlukan umbi bawang putih kemudian ditumbuk halus lalu dikompres pada dahi.

4. Sakit kuning, sesak napas dan busung air
Bahan yang diperlukan 1 umbi bawang putih, 1 potong gula batu sebesar telur ayam lalu umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih dan diaduk sampai merata, dan disaring. Cara menggunakannya diminum 2 kali sehari 2 sendok makan, pagi dan sore.

5. Ambeien
Bahan yang diperlukan umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian diperas untuk diambil airnya. Cara menggunakannya dioleskan di sekitar dubur setiap hari.

6. Luka memar karena tikam atau pukulan
Bahan yang diperlukan bawang putih dan 1 sendok madu. Bawang putih ditumbuk halus, kemudian diberi 1 sendok madu dan dicampur sampai merata. Cara menggunakannya dioleskan pada bagian yang luka.

7. Luka kena benda tajam berkarat
Bahan yang diperlukan umbi bawang putih dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuatnya umbi bawang putih dibakar, kemudian dicelupkan ke dalam minyak kelapa dan ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang luka.

8. Sengatan serangga
Bahan yang diperlukan umbi bawang putih, sendowo dan garam secukupnya. Cara membuatnya umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai merata. Cara menggunakannya dengan dioleskan pada bagian tubuh yang disengat serangga.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat bawang putih?
Umbi bawang putih per 100 gram mengandung protein sebesar 4,5 gram. – lemak 0,20 gram, – hidrat arang 23,10 gram, – vitamin B 1 0,22 miligram, – vitamin C 1 5 miligram, – kalori 95 kalori, – posfor 134 miligram, – kalsium 42miligram. – besi -1 miligram dan – air 71 gram.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Tumbuhan Bandotan Untuk Kesehatan: Mengobati Bisul, Rematik, Hingga Malaria. Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan: Dari Hipertensi, Asma, Hingga Ambeien ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

loading...