Tanya Jawab Seputar Demam Bayi dan Anak

Tanya Jawab Seputar Demam Bayi dan Anak – Ini adalah ulasan yang berkaitan dengan:
– Pengertian demam, Pengertian radang, Pengertian infeksi
– Fase demam pada bayi/anak
– Penyebab demam/panas pada bayi/anak
– Kaitan demam bayi/anak dengan radang dan infeksi
– Cara sistem imun bayi/anak menurunkan demam

Terkadang pada kondisi tertentu bayi si buah hati tercinta mengalami demam. Dengan kondisi tubuh bayi yang tidak sekuat daya tahan tubuh orang dewasa, hal ini sering menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua. Demam itu sendiri adalah kondisi dimana suhu tubuh di atas 38°C. Untuk memahami lebih jauh tentang demam pada bayi dan anak, silahkan simak tanya jawab berikut ini.
Tanya Jawab Seputar Demam Bayi dan Anak
Tiga Fase Demam
Apa yg dialami bayi ketika demam? menggigil (sampai suhu tubuh mencapai puncaknya), lalu menetap, dan baru akhirnya turun.

Bagaimana dan Mengapa Demam Timbul?
Meningkatnya suhu tubuh ini disebabkan oleh beredarnya suatu molekul kecil di dalam tubuh yang disebut dengan Pirogen (zat pencetus panas). Apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan pembentukan pirogen? Penyebabnya banyak seperti infeksi, radang, kepanasan, alergi, theething(tumbuh gigi), dan lain-lain.

Definisi RADANG
Apa sih radang itu? Sejenis infeksi? Radang adalah satu dari respon utama sistem kekebalan terhadap infeksi dan iritasi. Dalam bahasa inggris, radang adalah Inflammation, bukan infection. Dengan demikian, radang bisa disebabkan oleh infeksi tetapi bisa juga bukan karena infeksi. Kalau karena infeksi, bisa infeksi kuman (bakteri) atau karena infeksi virus, jamur, parasit, tetapi kebanyakan infeksi pada bayi dan anak disebabkan oleh virus.

Apa penyebab radang yang bukan infeksi?
Bisa alergi, bisa juga trauma, tumbuh gigi (teething), atau karena penyakit autoimun (ada kesalahan ‘program’ di dalam tubuh dimana organ tubuh dikira sebagai ‘musuh’ dan diserang oleh sistem imun).

Definisi INFEKSI
Apa itu infeksi? Infeksi adalah masuknya jasad renik (micro organisms atau makhluk hidup yang sangat kecil yang umumnya tidak dapat dilihat dengan mata) ke tubuh. Masuknya mikro-organisme tersebut belum tentu menyebabkan jatuh sakit, tergantung banyak hal, antara lain tergantung seberapa kuat daya tahan tubuh.

Bila sistem imun kuat, mungkin tidak akan menyebabkan jatuh sakit atau kalau pun sakit, ringan saja sakitnya, bahkan tubuh selanjutnya akan membentuk zat kekebalan (antibodi). Mikroorganisme atau jasad renik tersebut bisa kuman bakteri, bisa virus, jamur, dan lain-lain.

Definisi Demam
Apakah demam itu? Penyakit atau gejala? Demam adalah kondisi dimana otak mematok suhu di atas setting normal yaitu di atas 38°C. Namun demikian, panas yang sesungguhnya adalah bila suhu > 38.5°C. Akibat dari tuntutan peningkatan setting tersebut maka tubuh akan memproduksi panas yang mengakibatkan demam.

Demam bukan penyakit, demam merupakan gejala yang muncul karena ada sesuatu yang sedang terjadi di dalam tubuh. Batuk, muntah, diare juga bukan penyakit, melainkan gejala. Berhadapan dengan gejala-gejala tersebut, yang terpenting adalah mencari tahu apa penyebabnya.

Apakah demam itu pasti infeksi?
Belum tentu, meski yang terbanyak adalah akibat infeksi. Pada bayi dan anak-anak kebanyakan adalah infeksi virus.

Mengapa kalau infeksi harus demam?
Sudah terbukti bahwa demam sengaja dibuat oleh tubuh sebagai upaya membantu tubuh menyingkirkan infeksi. Pada saat terserang infeksi, maka tentunya tubuh harus membasmi infeksi tersebut.

Bagaimana caranya? Dengan mengerahkan sistem imun. Pasukan komando untuk melawan infeksi adalah sel darah putih dan dalam melaksanakan tugasnya agar efektif dan tepat sasaran, sel darah putih tidak bisa sedirian, diperlukan dukungan banyak pihak termasuk Pirogen. Pirogen itu membawa 2 misi:
1. Mengerahkan sel darah putih atau leukosit ke lokasi infeksi.
2. Menimbulkan demam yang akan membunuh virus karena virus tidak tahan suhu tinggi, virus dapat tumbuh subur di suhu rendah.

Suhu demam bayi yg harus diwaspadai
Berapa suhu demam bayi yg berbahaya? American Academy of Pediatrics membuat rekomendasi penanganan demam dengan mencantumkan kondisi-kondisi dimana orang tua harus menghubungi dokter untuk perawatan intensif pada demam bayi:
– Bila bayi berusia < 3 bulan dengan suhu tubuh ≥ 38°C.
– Bila bayi berusia 3-6 bulan dengan suhu tubuh ≥ 38,3°C.
– Bila bayi berusia 6 bulan, dengan suhu tubuh ≥ 40°C.

Berapa suhu ‘normal’ pada bayi dan anak?
Biasanya suhu badan tiap bayi/anak berbeda. Jadi saat ia sehat, cobalah untuk mengukur suhu badannya sehingga anda tahu suhu badan normal yang biasa ia punya setiap harinya.
Sebagai petunjuk umum:
-suhu badan normal adalah sektiar 36-37 derajat celcius
-suhu badan 37.7 derajat celcius atau lebih disebut sebagai demam. Tetapi suhu ini dapat berubah saat pergantian cuaca atau setelah aktivitas fisik si anak.

Bagaimana cara mengukur suhu dengan thermometer?
Anda dapat mengukur suhu badan anak anda di beberapa tempat tertentu, yaitu di dahi (untuk termometer bentuk strip/kertas), dibawah lidah, dijepit di ketiak (untuk termometer air raksa/merkuri), atau di telinga (termometer infra merah).

Jangan melakukan pengukuran suhu dengan memasukkan termometer ke pantat anak, karena dapat mengakibatkan berbagai hal yang tidak diinginkan apabila dilakukan bukan oleh tenaga profesional. Pengukuran di bawah ketiak biasanya paling akurat. Dokter biasanya akan menanyakan dimana tempat anda melakukan pengukuran suhu, karena akan ada sedikit perbedaan hasil, pada pengukuran di tempat yang berbeda.

Bagaimana mengukur suhu bayi tanpa menggunakan thermometer?
Anda harus memegang perut atau bagian belakang lehernya untuk mengetahuinya. Tangan dan kaki pada bayi biasanya memang dingin. Bayi yang masih kecil belum dapat mengatur suhu badannya dengan baik, sehingga anda harus terus memonitor keadaan demamnya.

Bagaimana cara menurunkan demam bayi?
Penjelasan mengenai cara menurunkan demam bayi akan dibahas pada artikel berikutnya.
Jika Anda ingin membaca judul artikel sebelumnya, silahkan klik Penyebab Bayi Rewel: Ciri Capek, Kedinginan, atau Kepanasan Pada Bayi.

Topik yang serupa dengan artikel Tanya Jawab Seputar Demam Bayi dan Anak ini Anda dapat temukan dalam kategori Perkembangan Bayi. Silahkan kunjungi kumpulan artikel tentang Perkembangan Bayi kami yang lain.

loading...