Apa Yang Menyebabkan Rasa Sakit Saat Menstruasi? Penyakit Penyebab Penyakit

Apa Yang Menyebabkan Rasa Sakit Saat Menstruasi?

Apa yang menyebabkan rasa sakit saat menstruasi? – Lebih dari 50 persen wanita merasakan kram saat dalam periode menstruasinya. Menurut medicinenet.com, sedikitnya satu sari tujuh wanita merasakan kram saat menstruasi atau datang bulan.

Apa Yang Menyebabkan Rasa Sakit Saat Menstruasi?
Mengapa pada saat menstruasi terasa sakit?

Mengalami rasa sakit saat datang bulan adalah bukan hal yang menyenangkan, sudah tidak aneh lagi jika ada yang merintih kesakitan dan seringkali harus menarik nafas panjang. Hampir selurung wanita tidak nyaman jika mereka sedang dalam masa menstruasi, karena hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Adapun beberapa wanita yang merasa ketakutan jika mereka akan memasuki masa menstruasi, karena ini menimbulkan rasa sakit, yang tidak jarang akan menimbulkan masalah emosional. Bahkan ada yang sampai tidak mampu melakukan apapun, sehingga ini akan benar-benar mengganggu aktivitas keseharian mereka.

Rasa sakit yang ditimbulkan saat haid merupakan bagian yang normal, tapi jika terlalu sakit bagaimana? Tahukah anda apa sebenarnya yang membuat menstruasi sakit?

Siklus menstruasi

Sebelum anda bisa memahami apa yang menyebabkan sakit saat menstruasi, ada baiknya anda memahami sedikit tentang siklus menstruasi itu sendiri. Menurut Dr. Tokubo Akinsanya seorang dokter spesialis penyakit wanita, tipe siklus menstruasi berkisar antara 28-30 hari, ini merupakan sebuah proses alamih yang terjadi setiap bulannya jika sel telur tidak dibuahi atau dengan kata lain jika seorang wanita tidak dalam keadaan hamil.

Pada masing-masing siklus, awalnya uterus akan menghasilkan lapisan halus yang berguna untuk memagari, lapisan ini berupa darah yang disiapkan untuk pelepasan sel telur dari ovarium. Jika dibuahi, sel telur akan menjadi seorang bayi, namun jika tidak dibuahi maka sel telur akan lepas dari ovarium dan keluar berupa darah. Inilah yang dinamakan periode menstruasi.

Lalu mengapa timbul rasa sakit?

Saat haid wanita kerap merasakan kram di perut, rasa sakit sekitar punggung dan panggul.

Selama masih dalam masa menstruasi, anda akan merasakan sakit di sekitar bawah perut, punggung bagian bawah, dan kaki bagian atas. Para ahli menyimpulkan bahwa yang menyebabkan rasa sakit saat menstruasi ini adalah karena dinding uterus yang sedang berkontraksi atau lepasnya sel telur dari ovarium karena anda tidak sedang hamil.

Dr. Akinsanya mengatakan “Rasa sakit yang timbul pada saat mestruasi disebabkan oleh kontraksinya dinding uterus dan kontraksi ini timbul karena hilangnya hormon yang diproduksi di dalam rahim. Hormon ini sangat berkaitan dengan siklus menstruasi yang kerap kali menyebabkan kram, nyeri, bahkan pendarahan. Tidak ada yang benar-benar mengetahui mengapa rasa sakit yang dirasakan oleh tiap-tiap wanita tidak sama atau berbeda-beda ketika sedang mentruasi.”

Sekarang anda tahu bahwa sakit saat mentruasi merupakan proses yang benar-benar alamiah. Yang lebih penting sekarang adalah bagaimana anda melaluinya.

Demikianlah artikel Apa Yang Menyebabkan Rasa Sakit Saat Menstruasi?. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Penyebab Penyakit.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Cek Penyebab Kegemukan Anda Disini. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang Penyebab Penyakit kami yang lain.

To top