Desain Atap Genteng Rumah Yang Artistik Dan Fungsional

Desain Atap Genteng Rumah Yang Artistik Dan Fungsional – Rumah tanpa atap,belumlah dikatakan rumah yang layak huni walaupun dibangun dengan konstruksi yang kuat maupun dana yang besar. Atap memiliki fungsi sebagai perlindungan dari terik matahari maupun guyuran hujan. Sekarang banyak varian membuat atap rumah, misal dengan cor, seng, asbes dan genteng. Khusus untuk genteng, masih menjadi pilihan dominan dari masyarakat sebagai pelindung rumah. Maka, kini genteng pun mengalami banyak perkembangan, baik dari segi model maupun bahan. Tentunya, desain atap genteng untuk rumah tergantung dari selera orang yang menghuninya.

Desain rumah minimalis akan semakin eksotis dengan atap rumah dari genteng yang menarik pula. Namun, satu hal yang tidak boleh dilakukan adalah menjatuhkan pilihan genteng hanya pada sisi artistik belaka. Sisi fungsional genteng harus menjadi pilihan utama, barulah menginjak pada sisi artistik yang disesuaikan dengan fungsional yang di pilih. Atap genteng harus dipilih dari kualitas yang baik sehingga tidak bocor ketika hujan. Disamping itu, atap genteng jangan sampai menjadikan rumah pengap dan lembab atau sebaliknya menjadikan ruangan terasa lebih panas sehingga tidak nyaman pula berada di dalamnya.

Jenis Genteng Yang Beredar Di Pasaran
Seiring dengan perkembangan tren rumah termasuk banyak bermunculannya rumah minimalis, diikuti pula oleh desain atap genteng untuk rumah yang beraneka ragam dan dari bahan yang bermacam-macam pula. Pertama, atap genteng dari tanah liat yang merupakan genteng generasi pertama dan telah digunakan sejak jaman dahulu. Genteng ini terbuat dari tanah liat yang melalui proses pembakaran dan pres. Pemasangannya telah familiar di masyarakat dengan cara penguncian masing-masing genteng. Pemasangan yang benar menjadikan genteng ini sangat kuat menahan panas dan hujan. Kedua, desain genteng metal yang berbentuk lembaran seperti seng dengan ukuran bervariasi. Di buat dengan lebar antara 60 sampai 120 cm, panjang 1,2 sampai 12 mm dengan ketebalan berkisar 0,3 mm. Cara pemasangan menggunakan baut dengan ditanam pada balok gording di rangka atap.

Desain Atap Genteng Rumah

Desain Atap Genteng Rumah

Desain Atap Genteng Rumah

Desain Atap Genteng Rumah

Desain Atap Genteng Rumah

Desain Atap Genteng Rumah

Desain Atap Genteng Rumah

Desain Atap Genteng Rumah

Desain Atap Genteng Rumah

Desain Atap Genteng Rumah

Desain Atap Genteng Rumah

Desain atap rumah menggunakan genteng berikutnya adalah yang terbuat dari aspal. Genteng ini merupakan perpaduan dari aspal dengan bahan kimia. Modelnya dapat ditemukan beberapa variasi dari lurus,bergelombang dan lainnya. Pemasangannya menggunakan papan multiplek yang ditempel dengan skrup yang ditambah dengan lem untuk pengamanan. Jenis keempat, adalah atap genteng keramik yang sangat pas digunakan untuk atap balkon maupun teras rumah. Dengan di glazur terlebih dahulu akan membuat tahan pada perubahan kondisi cuaca dan lebih menarik. Kelima, genteng yang terbuat dari kaca. Genteng ini hanya digunakan pada ruang tertentu saja atau pada bagian tertentu untuk mendapatkan cahaya pada siang hari. Manfaatnya, rumah akan terlihat lebih terang, fresh dan sehat.

loading...