P3K Gigitan dan Sengatan Binatang P3K: Sengatan Binatang atau Serangga Beracun Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

P3K: Sengatan Binatang atau Serangga Beracun

P3K: Sengatan Binatang atau Serangga Beracun – Tidak jarang kita mengalami atau menemukan orang yang mendapat gigitan dari binatang beracun atau sengatan serangga beracun seperti: lebah, kumbang, tawon, kelabang, kalajengking, laba-laba, dan lain sebagainya. Akibat dari gigitan atau sengatan tersebut bisa sangat berbahaya. Jika Anda menemukan orang yang digigit atau disengat serangga atau hewan beracun, ada beberapa langkah yang harus segera dilakukan sebagai bentuk tindakan pertolongan pertama pada korban, yaitu:

P3K: Sengatan Binatang atau Serangga Beracun
SENGATAN LEBAH, KUMBANG ATAU TAWON KEMIT

Jika ada yang tersengat oleh lebah maka segera ambil sengatnya atau entup dengan jarum, peniti atau pisau. Siramlah bagian yang terkena sengat dengan air dingin, untuk mengurangi rasa sakit dan memperlambat penyebaran racunnya atau kompreslah dengan es. Selain itu usapkan lotion calamine karena dapat mengurangi rasa gatal yang ditimbulkannya.

Bila sengatan ini dilakukan oleh sekelompok lebah atau serangga lainnya, rendamlah korban dalam kubangan air dingin yang di dalamnya telah dilarutkan soda masak sebanyak 1 sendok untuk 1 liter air.

Pada kasus orang yang alergi terhadap sengat maka akibat sengatan akan mengakibatkan reaksi hebat. Untuk itu segelah bawa korban ke rumah sakit terdekat. Selama dalam perjalanan ke rumah sakit, kompreslah badannya dengan es dan berikan antihistamine (obat alergi) seperlunya.

SENGATAN LABA-LABA BERACUN, KALAJENGKING, KELABANG

Langkah-langkah pertolongan pertamanya adalah:

1. Suruhlah korban sengatan itu berbaring dengan tenang.
2. Selimuti korban dengan kain. Mungkin akan timbul warna kemerah-merahan sebagai akibat dari sengatan tersebut, bersamaan dengan tanda-tanda lain seperti: kejang-kejang pada perut dan otot, demam, berkeringat, rasa mual dan muntah-muntah. Rasa sakit, panas dan berdenyut dapat menjalar ke seluruh tubuh.
3. Tempatkan es di atas tempat sengatan guna memperlambat penyebaran racun. Setelah itu panggillah dokter untuk melakukan penanganan selanjutnya.

Demikianlah artikel P3K: Sengatan Binatang atau Serangga Beracun. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik P3K: Gigitan Binatang. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.

To top