P3K Pernafasan P3K: Tercekik atau Tersedak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

P3K: Tercekik atau Tersedak

P3K: Tercekik atau Tersedak – Tersedak adalah tersumbatnya trakea atau saluran pernafasan seseorang yang disebabkan benda asing, makanan, muntah, darah, atau cairan lain. Jika anda menemui korban yang tersedak, lakukanlah Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

P3K: Tercekik atau Tersedak
Berdirilah di belakang korban dan peluk pada pinggangnya dengan kedua tangan Anda. Sementara kepala, tangan, dan tubuh bagian atasnya dibiarkan terkulai ke muka. Kemudian kepalkan salah satu tangan Anda, pegang erat-erat dengan tangan yang lainnya dan kemudian tekan ke perut korban dengan meletakkannya sedikit di atas pusar dan di bawah tulang rusuk.

Dorong kepalan tangan dengan kuat pada perutnya dengan gerakan ke atas mendadak. Ulangi gerakan beberapa kali bila dirasa perlu. Di dalam paru-paru selalu terdapat sisa udara, dan tekanan ke bawah dada menyebabkan udara memadat dan menghembus ke atas. Sumbatan benda, makanan atau cairan ini akan terlepas laksana lepasnya tutup botol.

Seorang yang tercekik atau tersedak karena makanan dan sedang seorang diri, maka untuk mengatasi situasi ini ia harus melakukan sesuatu dengan cara menekan kuat tepat di bawah dadanya. Selain itu juga dengan cara menekankan diri ke pinggir meja, westafel atau jika mampu sebaiknya menggunakan kepalan tangannya sendiri. Tindakan ini dapat menimbulkan tekanan pada perutnya sendiri dan cukup untuk melepaskannya dari sumbatan.

Teknik lain yang dapat dilakukan adalah dengan meletakkan korban yang sedang tesedak itu pada sisi badannya dan berikan satu pukulan yang keras pada punggung di antara kedua pundak. Buka mulutnya kemudian sogokkan jari tengah dan telunjuk ke dalam tenggorokan dan tarik makanan yang menyumbat saluran pernapasannya itu. Jika memerlukan alat Bantu, bisa menggunakan bantuan berupa sendok untuk menahan lidahnya ke depan, supaya saluran pernapasannya tidak terhalang olehnya.

Demikianlah artikel P3K: Tercekik atau Tersedak. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik P3K: Pernafasan Tersumbat. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.

To top