P3K: Pernafasan Tersumbat

P3K: Pernafasan Tersumbat – Pernapasan tersumbat dapat terjadi pada siapa saja. Jika menemukan korban yang mengalami penderitaan seperti ini, lakukan langkah-langkah penanganan sebagai berikut:

1. Jika kasus ini terjadi pada anak kecil, langkah pertolongan pertama yang dilakukan adalah dengan memegang pergelangan kakinya. Setelah itu jungkirkan tubuhnya sedemikian rupa sehingga kepalanya berada di bawah.

2. Buka mulut dan tarik lidahnya keluar serta biarkan seseuatu yang telah menyumbat pernapasannya itu terjatuh.

P3K: Pernafasan Tersumbat
Jika yang menjadi korban adalah orang yang lebih tua:

1. Langkah yang dilakukan dengan cara menelungkupkannya di atas tangan dan paha Anda.

2. Longgarkan tenggorokannya selekas mungkin dengan bantuan jari untuk kemudian tariklah lidahnya keluar.

Jika korbannya adalah orang yang sudah dewasa, langkah-langkahnya adalah:

1. Baringkanlah dan kemudian miringkan ke salah satu sisi tubuhnya atau suruh dia untuk menelungkup pada sandaran kursi dengan kepala menunduk.
2. Lepaskan benda-benda yang menyumbat pada organ pernapasannya dengan cara menarik keluar lidahnya.

Pada semua keadaan, baik pada anak-anak maupun orang dewasa, bisa juga dilakukan pernapasan bantuan dari mulut ke mulut jika didapati korban dalam keadaan sulit bernapas. Tindakan ini dilakukan setelah benda-benda yang menyumbat dikeluarkan.

Bila benda tersebut tidak atau belum dapat dikeluarkan, segera panggil dokter meskipun tanda-tanda penyumbatan pada pernapasan telah mereda. Hal ini untuk menjaga kemungkinan adanya benda asing lainnya yang terlanjur masuk ke paru-paru.

Demikianlah artikel P3K: Pernafasan Tersumbat. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik P3K: Persiapan dan Teknik CPR (Nafas Buatan). Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.