P3K: Terkena Tumbuhan Beracun dan Keracunan Karbon Monoksida

P3K: Terkena Tumbuhan Beracun dan Keracunan Karbon Monoksida – Keracunan bisa disebabkan oleh berbagai berbagai faktor dan situasi. dalam artikel ini akan dibahas mengenai pertolongan pertama pada korban keracunan yang difokuskan kepada keracunan akibat tumbuhan beracun dan keracunan akibat karbon monoksida.

P3K: Terkena Tumbuhan Beracun dan Keracunan Karbon Monoksida
TERKENA TUMBUHAN BERACUN

Jika kulit anda terkena tumbuhan yang mengandung racun maka secepatnya Anda cuci bagin yang terkena dengan air dingin hingga berbusa tebal dan bilaslah beberapa kali. Ingat, jangan menggunakan sikat.

Bila rasa gatal atau panas telah muncul, cucilah bagian yang terkena itu dengan sabun dan air dingin lalu oleskan lotion calamine untuk meredakan rasa gatal tersebut.

Setelah itu perhatikan, apakah terjadi reaksi berupa alergi kuat atau tidak. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, segeralah minta bantuan medis.

KERACUNAN KARBON MONOKSIDA

Karbon monoksida adalah sejenis gas yang tidak berbau, tidak berwarna, yang dapat membunuh dengan tanpa memberi peringatan terlebih dahulu. Karbon-monoksida dapat terjadi pada mesin mobil yang dibiarkan hidup dalam garasi yang tertutup. Keadaan seperti akan dengan cepat menghasilkan sejumlah gas karbon-monoksida yang dapat membunuh orang.

Gas ini juga bisa dihasilkan dan kayu yang terbakar, batubara dan arang batu yang membara dan sebab-sebab lainnya. Bahkan dalam ruangan kamar yang ventilasinya tidak baik juga dapat mengundang bahaya seperti ini.

Tanda dari keracunan karbon monoksida adalah sakit kepala, lemah, susah bernapas, muntah-muntah bahkan sampai pingsan. Selain itu kulit, kuku, dan bibir berubah warna menjadi merah jambu atau
merah seperti buah kersen. Pertolongan pertama yang perlu dilakukan pada korban seperti ini adalah

1. Segera bawa korban ke tempat yang mempunyai ruang udara yang cukup segar atau jika berada
dalam ruangan bisa dilakukannya dengan cara membuka semua jendela dan pintu lebar-lebar.

2. Bila didapati korban tidak dapat bernapas atau pernapasannya berlangsung dengan tidak teratur, lakukan pernapasan buatan.

3. Lakukan juga usaha pembangkitan fungsi jantung dan paru-paru jika kedua organ tersebut menunjukkan aktivitas yang tidak stabil atau berhenti bekerja.

4. Biarkan korban berbaring dengan tenang. Hal ini berguna untuk memperkecil kebutuhannya akan oksigen.

5. Selimutilah badannya agar tetap hangat.

6. Selanjutnya anda bisa menelepon pihak rumah sakit atau dokter atau juga polisi untuk menjaga terjadinya hal-hal yang berbahaya.

Selanjutnya jelaskan pada pihak medis atau polisi mengenai penyebab kecelakaan dan sampaikan kebutuhan korban akan oksigen (zat asam) karena adanya keracunan karbon monoksida ini.

Demikianlah artikel P3K: Terkena Tumbuhan Beracun dan Keracunan Karbon Monoksida. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik P3K: Pertolongan Pertama Luka Bakar. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.

About these ads