P3K: Serangan Jantung

P3K: Serangan Jantung – Gejala serangan jantung dapat bervariasi tergantung usia, jenis kelamin dan penyakit yang sedang dialaminya, seperti misalnya diabetes. Umumnya, tanda-tanda yang dapat dikenali dari serangan jantung adalah sesak pada pernapasan, sakit dibagian dada bagian tengah yang menjalar ke leher atau tangan. Atau juga rasa sakit di bagian perut atas. Korban akan berkeringat dan pingsan. Pada orang dewasa gejala serangan jantung dapat berupa:

– Perubahan status mental, terutama pada orang tua.
– Nyeri dada yang terasa seperti tekanan, diremas, atau kepenuhan: Rasa sakit ini biasanya terjadi di tengah-tengah dada. Hal ini juga dapat dirasakan di rahang, bahu, lengan, punggung, dan perut. Hal ini akan berlangsung selama beberapa menit.
– Keringat dingin
– Pusing
– Mual (lebih sering terjadi pada wanita)
– Mati rasa, sakit, atau kesemutan di lengan (biasanya lengan kiri)
– Sesak napas
– Kelemahan atau kelelahan, terutama pada orang tua

P3K: Serangan Jantung
Jika Anda menemukan korban seperti ini, segera panggil bantuan medis/ambulans atau beritahukan kepada dokter yang selama ini telah merawatnya. Banyak pasien serangan jantung yang meninggal sebelum tiba di rumah sakit. Semakin cepat seseorang mendapat perawatan medis di ruang gawat darurat rumah sakit, hal ini akan mengurangi tingkat kerusakan jantungnya.

Bila korban mendapatkan kesulitan bernapas, jangan paksa untuk berbaring. Bantulah dengan menempatkan tubuh pada posisi yang enak dan nayaman. Longgarkan baju atau aksesori lain di tubuhnya. Jangan mengangkatnya, jangan memberi minum dan lakukan langkah pertolongan pertama dengan tenang. Jika memang dirasa diperlukan (pingsan), lakukan tindakan kardio atau nafas buatan pada korban hanya jika anda mengerti tentang teknik CPR.

Demikianlah artikel P3K: Serangan Jantung. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik P3K: Tersengat Arus Listrik. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.