Manfaat Undur-undur Untuk Kesehatan: Si Kecil Penyembuh Diabetes

Manfaat Undur-undur Untuk Kesehatan: Si Kecil Penyembuh Diabetes – Karena berjalan ke belakang alias mundur, makanya dinamakan undur-undur. Hewan ini tergolong jenis neuropteran atau serangga bersayap jala. Berciri mulut menggigit dan memiliki dua pasang sayap berurat menyerupai jala. Binatang ini bermetamorfosis dari telur, larva, kepompong, hingga menjadi serangga. Nah, pada fase larva itulah biasanya undur-undur dicari orang untuk berbagai pengobatan alternatif.

Manfaat Undur-undur Untuk Kesehatan: Si Kecil Penyembuh Diabetes
Undur-undur memiliki nama famili Myrmeleontidae. Asal kata ini dari bahasa Yunani yaitu: myrmex (semut) dan leon (singa). Ada dua jenis undur-undur, yaitu yang hidup di darat dan di laut. Yang kita bahas kali ini adalah undur-undur yang ada di darat. Habitat undur-undur darat adalah tanah berpasir kering. Biasanya banyak terdapat di halaman rumah atau di sekitar dinding rumah tempat berkumpulnya debu. Sarangnya berbentuk kubangan bulat kecil seperti kawah.

Menurut Dr. Budi Sugiarto Widjaja dari Traditional Chinese Medicine (TCM), undur-undur darat baik untuk mengobati kencing manis (diabetes). Binatang ini mengandung zat sulfonilurea yang mampu meningkatkan pengeluaran hormon insulin oleh pankreas. Kala tubuh kekurangan insulin, maka kadar glukosa dalam darah akan meningkat. Peningkatan kadar glukosa inilah yang menyebabkan tubuh rentan penyakit. Jadi sulfonilurea dalam undur-undur merupakan agen oral hipoglikemik atau zat yang berfungsi menurunkan glukosa darah pada pengidap diabetes. Di samping itu, undur-undur juga mengandung asam lemak Omega 3. Zat ini juga dapat menaikkan kadar insulin, hingga bisa menurunkan kadar gula pada pasien kencing manis.

Sejak dulu orang Cina diketahui memanfaatkan undur-undur sebagai obat alternatif bagi penderita kencing manis, di sana hewan ini disebut Di Gu Nui. Undur-undur dipercaya juga berkhasiat melancarkan peredaran darah. Dengan mengonsumsi undun-undur, regenerasi sel dalam tubuh diyakini akan menjadi lebih baik.

Penderita kencing manis memang dianjurkan untuk mengkonsumsi undur-undur tiga sampai lima ekor per hari. Sebagai tambahan informasi, hewan ini akan sangat berkhasiat jika dimakan hidup-hidup. Caranya mudah saja, undur-undur terlebih dahulu dicuci (dibersihkan) setelahnya baru bisa langsung dikonsumsi. Undur-undur mampu bertahan hidup di dalam tubuh sekitar empat jam. Nah, jika tidak berani memakannya secara langsung, maka bisa juga menggunakan kapsul. Kapsul kosongan dapat dibeli di apotik.

Binatang ini mudah diperoleh, di samping bisa dicari di sekitar rumah, banyak juga orang yang menjualnya, baik berbentuk kapsul atau tanpa kapsul. Di beberapa tempat memang telah dibuat ternak undur-undur, meski bukan dalam skala besar. Pembudidayaan undur-undur menunjukkan betapa undur-undur dibutuhkan untuk obat alternatif penyembuh penyakit kencing manis. Umumnya harga undur-undur berkisar dari 1000 hingga 2000 rupiah per ekor.

Demikianlah artikel Manfaat Undur-undur Untuk Kesehatan: Si Kecil Penyembuh Diabetes. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Ulat Sagu Untuk Kesehatan: Krispy Yang Berprotein. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.