Manfaat Sarang Walet Untuk Kesehatan

Manfaat Sarang Walet Untuk Kesehatan – Walet merupakan jenis burung dari suku Apodidae. Habitatnya di hutan hujan dan hutan pegunungan tropika. Burung ini didapati di Brunei, Burma, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Manfaat Sarang Walet Untuk Kesehatan
Yang paling dicari dan menjadi primadona dari walet adalah sarangnya. Terdapat dua jenis sarang burung walet, yakni sarang burung putih yang seluruhnya terbuat dari air liur burung walet. Juga sarang burung hitam, terbuat dari campuran air liur dan bulu burung. Sarang burung walet putih harganya lebih mahal, bisa mencapai 14 juta rupiah/kg, sedang sarang hitam hanya sekitar 1 atau 2 juta/kg.

Khasiat sarang walet inilah diyakini mampu menjaga kebugaran tubuh dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, juga dapat membantu penyembuhan berbagai macam penyakit seperti: asma, demam, batuk, sakit paru-paru, dan stroke.

Hasil penelitian Dr. Kong Yun Cheung dari Universitas Hong Kong, ditemukan glikoprotein dalam sarang Walet. Glikoprotein mampu meningkatkan pembiakan sel-sel pertahanan dalam sistem kekebalan tubuh. Glikoprotein dalam sarang walet mencapai kadar 50 persen. Dr Cheng Ce, spesialis kanker dari Sekolah Kedokteran Tradisional di Propinsi Henan juga menuturkan bahwa liur dalam komposisi sarang walet mengandung kelenjar glandula sub-lingualis yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat itulah yang kemungkinan banyak diasumsikan membuat orang awet muda.

Sarang walet merupakan sumber asam amino yang lengkap. Tercatat sekitar 17 asam amino esensial, semi-esensial, dan non-esensial yang sedang dikembangkan oleh para peneliti di barat sebagai pelawan stroke dan kanker. Selain itu, ada 6 mineral yang terdapat dalam sarang walet yakni: kalsium, besi, phospor, kalium, dan natrium.

Umumnya, sarang burung walet disajikan dalam bentuk sup. Bahkan di China, makanan mujarab berbahan sarang walet sudah ada sejak abad 14. Sup ini menjadi makanan favorit para raja dan bangsawan, maka tak mengherankan jika kini sarang walet menjadi simbol makanan mewah dan bergengsi.

Mengonsumsi rutin sarang walet sebagai food supplement akan merangsang kerja organ tubuh menjadi lebih baik. Sel-sel tua akan digantikan oleh zat tumbuh (protein), akibatnya kekebalan tubuh meningkat dan menyingkir. Sayangnya, senyawa penting sarang gampang lenyap. Karenanya, dalam proses lebih baik sarang walet tidak perlu di cuci.

Demikianlah artikel Manfaat Sarang Walet Untuk Kesehatan. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Undur-undur Untuk Kesehatan: Si Kecil Penyembuh Diabetes. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

loading...