Manfaat Udang Untuk Kesehatan: Pemulih Sakit Maag Juga Taklukkan Kanker

Manfaat Udang Untuk Kesehatan: Pemulih Sakit Maag Juga Taklukkan Kanker – Udang merupakan salah sau jenis spesies air yang telah menjadi makanan favorit masyarakat. Udang telah diolah menjadi berbagai masakan lezat dan nikmat. Seperti halnya seafood yang lainnya, udang kaya dengan kalsium dan protein. Kalori energi udang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang). Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega=6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar. Meski demikian jangan lupa, kandungan kolesterol udang cukup tinggi yaitu : 152 mg per 100 gr udang segar.

Manfaat Udang Untuk Kesehatan: Pemulih Sakit Maag Juga Taklukkan Kanker
Khusus untuk udang laut ternyata berkhasiat bagi penderita gangguan maag dan perih lambung. Caranya dengan memisahkan kulit udang dari daging dan kepalanya, hingga tersisa kulit dan bagian ekornya saja. Kira-kira 150 gr kulit dan ekor udang ini direbus dengan air rendaman beras hingga mendidih. Setelah matang disaring dan ditambahkan sedikit garam atau gula lalu diminum/dimakan hangat-hangat pada pagi dan sore hari.

Tidak hanya itu, kepala udang juga mengandung khasiat alami. Jika kita sulit berkosentrasi dan sering diganggu rasa pusing, cobalah ramuan ini. Pisahkan kepala udang dari bagian tubuhnya. Kira-kira 100 gram kepala udang digoreng tanpa campuran apa pun. Setelah matang bisa digunakan untuk lauk, namun dalam memilih udang hindari kepala udang yang telah membiru atau bau. Bagi penderita penyakit ginjal, udang juga memberikan alternatif pengobatan. Caranya, daging udang dibersihkan dari kulit, kepala, dan ekornya. Sekitar 100 gram bahan ini dikukus tanpa campuran bumbu apapun. Lalu bisa dikonsumsi setiap hari.

Selain itu cangkang atau kulit udang juga bisa dibuat menjadi ekstrak yang disebut chitosan udang. Nah, sama halnya dengan Chitosan kepiting misalnya, Chitosan udang juga berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan tumor atau kanker, memperkuat fungsi hati, mengatasi penyakit kencing manis, serta menyembuhkan tekanan darah tinggi. Chitosan udang biasanya dimasukkan dalam kapsul dengan aturan pemakiannya adalah untuk perawatan ringan 2 x 2 kapsul/ hari dan untuk perawatan berat menjadi 2 x 3.

Demikianlah artikel Manfaat Udang Untuk Kesehatan: Pemulih Sakit Maag Juga Taklukkan Kanker. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Ubur-ubur Untuk Kesehatan: Protein Ubur-ubur Berhadiah Nobel. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

About these ads