Manfaat Daging Tokek Untuk Kesehatan: Pembunuh Kanker

Resep Puding Ubi Ungu Lezat Dan Legit

Manfaat Daging Tokek Untuk Kesehatan: Pembunuh Kanker – Binatang ini termasuk jenis reptil, memiliki nama ilmiah Gekko. Dalam bahasa Inggris dinamakan Tokay gecko atau tucktoo, sedang di Jawa kerap disebut tokek atau tekek. Tokek terlihat mirip cicak, namun ukurannya lebih besar, sedangkan kulitnya lebih kasar dan bertotol. Biasanya hewan ini hidup di hutan dan pohon, terkadang juga ditemukan dalam sudut rumah.

Manfaat Daging Tokek Untuk Kesehatan: Pembunuh Kanker
Baru-baru ini harga tokek melonjak drastis. Tokek dengan berat badan kurang dari 1,5 ons dihargai dengan kisaran Rp 200.000. Sedang ukuran sekitar 2 ons, bisa mencapai Rp 5 juta. Ukuran di atas 2 ons dapat mencapai 100 juta. Bahkan pernah ditemukan tokek raksasa di pedalaman Kalimantan dengan berat hingga 64 kilogram. Coba tebak berapa harganya? Konon kabarnya tokek raksasa itu dibeli oleh seorang pengusaha asal Korea seharga 179 miliar. .wow!

Lalu, mengapa seekor tokek bisa begitu mahal? Penyebabnya tak lain adalah khasiat dari hewan ini sendiri. Konon binatang ini bisa menyembuhkan penyakit HIV atau AIDS. Meski belum ada penelitian ilmiah namun ramuan tradisional dari tokek dipercaya sebagai ramuan paling mujarab untuk penyakit tersebut.

Tokek sering dipakai dalam pengobatan tradisional China atau yang biasa disebut Traditional Chinese Medicine (TCM). Uji ilmiah tentang kandungan zat dalam tubuh tokek pernah dilakukan oleh tim yang diketuai Prof Wang dari Universitas Henan, China. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa tokek memiliki efek anti-tumor. Sifat anti-tumor ini ditunjukkan melalui kemampuan menghambat tumor dengan cara memperkuat energi tubuh. Hasil penelitian menunjukkan zat aktif tokek tidak hanya meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh dari suatu organisme, tetapi juga menginduksi sel-sel tumor apoptosis (yang membunuh dirinya sendiri), serta menekan ekspresi protein VEGF dan bFGF yakni faktor pendukung berkembangnya kanker. Uji khasiat tokek memberikan metode pengobatan baru dalam penyakit kanker.

Selama ini pengobatan kanker selalu menggunakan metode kemoterapi, yang memiliki kelemahan karena tidak dapat secara selektif menyerang sel kanker, hingga dapat memengaruhi zat anti-kanker itu sendiri. Berdasar temuan baru dari tokek tersebut, para ahli China telah menggunakan metode yang lebih efektif, yang diintegrasikan dengan Traditional Chinese Medicine (TCM) plus kemoterapi, Temuan baru ini telah dipublikasikan dalam World Journal of Gastroenetrology pada 7 Juli 2008.

Demikianlah artikel Manfaat Daging Tokek Untuk Kesehatan: Pembunuh Kanker. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Tiram Untuk Kesehatan: Menyembuhkan Radang Paru-paru. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

loading...