Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan: Dari Ketombe Hingga Kesuburan Wanita

Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan: Dari Ketombe Hingga Kesuburan Wanita – Tenggiri adalah nama umum bagi sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, dan ikan kembung. Tenggiri banyak disukai orang karena kelezatannya, khususnya bagi masyarakat Palembang yang identik dengan mpek-mpeknya.

Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan: Dari Ketombe Hingga Kesuburan Wanita
Banyak orang memanfaatkan tenggiri hanya sebatas konsumsi sehari-hari. Padahal ikan yang termasuk kelompok pemangsa ini menyimpan banyak manfaat, mulai dari: sirip, jeroan, daging, hingga durinya. Ikan tengiri memang mengandung protein hewani yang sangat tinggi. Namun jika campuran bumbu dan penyedap serta pengolahan ikan tengiri yang salah ternyata dapat menyebabkan khasiat tengiri malah turun hingga 60%. Walaupun demikian, jika dikonsumsi secara teratur ikan tengiri dapat menghambat radang tenggorokan (bronchitis) ringan hingga sedang.

Selain radang tenggorokan, tenggiri juga dapat menyembuhkan asma, khususnya di bagian sekitar ekor dan sirip. Pengolahannya cukup direbus dengan sedikit garam hingga matang, air rebusannya juga dapat digunakan. Pengobatan tersebut dapat dilakukan beberapa kali hingga menunjukkan hasilnya.

Ikan tenggiri juga mampu mengobati linu di sekitar kaki, khususnya bagi para manula. Daging yang terletak disekitar insang-lah yang mengandung zat pereda ngilu dan linu persendian. Cara pengolahannya dengan merebus hingga matang dan memakannya langsung. Pengobatan ini dapat dilakukan berulang-ulang atau cukup sekali saja jika rasa ngilu telah berkurang atau hilang.

Jeroan tenggiri juga berkhasiat. Tetapi pengolahan jeroan tenggiri ini harus hati-hati. Selain harus dalam keadaan segar, jeroan juga wajib dalam keadaan baik/utuh. Hati ikan tengiri diyakini berkhasiat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Namun hati tenggiri ini hanya diperbolehkan bagi penderita usia 20-45 tahun. Bagi manula, cara ini dianggap terlalu beresiko karena harus dimakan mentah-mentah. Kandungan protein dan zat lain yang terlalu tinggi mengakibatkan pengobatan ini tidak dapat dilakukan untuk semua orang. jeroan tenggiri juga berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan bagi kaum wanita. Jeroan tenggiri ini direbus bersama dengan biji pisang klutuk yang telah matang dan beberapa biji cengkeh. Dan jeroan beserta air rebusannya bisa dimakan dan diminum sebelum melakukan aktivitas seksual.

Tidak hanya cukup daging dan jeroan saja, sirip ikan tenggiri juga berkhasiat menyebuhkan penyakit kulit seperti eksim, luka gatal dan bernanah, koreng, kudis, dan sejenisnya. Caranya sirip direbus hingga setengahnya. Air rebusan diminum hangat-hangat. Nah, jika ingin menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan oleh pelbagai penyakit kulit itu, rebusan sirip tenggiri ini sebaiknya dicampur dengan daun sirih.

Duri ikan tenggiri juga bisa menjadi obat untuk ketombe. Kita dapat mencobanya dengan menjemur terlebih dulu duri ikan tengiri hingga kering. Setelah itu kemudian dibakar hingga berwarna hitam, lalu dihaluskan. Serbuk ini kemudian dicampurkan minyak kelapa atau lidah buaya dan dioleskan pada kulit kepala selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu rambut dicuci hingga bersih. Lakukan proses tersebut beberapa kali hingga ketombe benar-benar lenyap.

Demikianlah artikel Manfaat Ikan Tenggiri Untuk Kesehatan: Dari Ketombe Hingga Kesuburan Wanita. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Sotong Untuk Kesehatan: Kaya Protein. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.