Manfaat Sotong Untuk Kesehatan: Kaya Protein

Manfaat Sotong Untuk Kesehatan: Kaya Protein – Namanya Sotong atau “ikan” nus. Binatang ini dapat hidup di sungai, laut, maupun danau. Sotong dapat ditemukan di hampir semua perairan yang berukuran besar dengan kedalaman bervariasi, bisa di perairan air tawar, payau, maupun air asin. Banyak orang menganggap sotong sama dengan cumi, padahal sebenarnya dua spesies ini berbeda. Tubuh sotong lebih pipih, sedangkan cumi-cumi lebih berbentuk silinder. Di samping itu, cangkang dalam sotong tersusun dari kapur yang keras, sedangkan cumi memiliki cangkang lunak.

Manfaat Sotong Untuk Kesehatan: Kaya Protein
Sotong juga merupakan salah satu jenis makanan seafood yang banyak digemari. Sotong diketahui memiliki jenis protein yang rendah energi. Seperti halnya cumi, sotong juga memproduksi tinta yang digunakan untuk pertahanan diri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hiroki University Jepang, tinta cumi dan sotong dapat mengaktifkan sel darah putih untuk memerangi tumor.

Hal tersebut sudah diujicobakan pada 15 ekor tikus yang mengidap penyakit tumor ganas. Tikus laboratorium yang memiliki sel tumor diberikan suntikan tiga dosis cairan tinta, dan hasilnya, hanya tiga tikus yang mati, sisanya tetap bertahan hidup. Sebagai pembanding, 15 tikus lain yang juga mengidap penyakit tumor ganas, tidak diberikan suntikan serupa. Semua tikus pada kelompok kedua, mati dalam jangka waktu tiga minggu.

Meski belum ada kepastian medis yang benar-benar sahih mengenai apakah tinta cumi-cumi dan sotong dapat mengobati kanker atau tumor, yang jelas tinta binatang laut tersebut diduga juga mengandung banyak vitamin A.

Demikianlah artikel Manfaat Sotong Untuk Kesehatan: Kaya Protein. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging dan Susu Sapi Untuk Kesehatan. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.