Manfaat Daging dan Susu Sapi Untuk Kesehatan

Manfaat Daging dan Susu Sapi Untuk Kesehatan – Hewan ini sudah sangat akrab di telinga kita, tiap Idul Adha misalnya, umat Muslim kerap menyembelih sapi untuk kurban. Di Indonesia hewan anggota famili Bovidae ini telah banyak diternakkan. Selain untuk penunjang proses bercocok tanam, daging dan susu sapi juga sudah biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Sapi yang sering kita lihat adalah turunan dari binatang liar yang dikenal sebagai Auerochse atau Urochse (sapi kuno), namun spesies nenek moyang Sapi ini sudah punah di Eropa sejak 1627.

Manfaat Daging dan Susu Sapi Untuk Kesehatan
Dalam acara Meat & Livestock yang bertajuk “Let’s Beef Up Your Kids with Australian Beef Meat” di Jakarta, disebutkan bahwa sumber terkaya zat besi ada pada daging sapi. Mereka mengatakan bahwa mengonsumsi 122 gram daging sapi per hari setara dengan seseorang yang mengonsumsi 7,9 kilogram ikan. Selain itu, daging sapi juga mengandung seng, selenium, vitamin grup B, Vitamin D, serta asam lemak Omega 3 dan protein.

Daging sapi termasuk dalam jenis daging merah. Dan tidak semua orang bebas melahap daging merah, terutama bagi usia lanjut. Mengingat keterbatasan daya pencernaan usia lanjut, maka mereka disarankan cukup mengonsumsi 100 gram daging sapi per minggu saja.

Selain sapi daging, ada juga sapi penghasil susu yang sering disebut sapi perah. Setiap 100 gram susu sapi mengandung 70,5 kilo kalori; protein 3,4 gram; lemak 3,7 gram; kalsium 125 mjligram. Sementara prosentase penyerapan nutrisi susu sapi dalam tubuh berkisar 98% – 100%. Susu sapi juga mengandung vitamin B2, vitamin A, protein, potasium, dan bermacam asam amino.

Zat besi dan vitamin A dalam susu sapi dapat mempertahankan keremajaan kulit. Kalsium susu mampu memperkuat kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Kandungan magnesiumnya dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan. Adalagi, kandungan seng pada susu sapi dapat mempercepat penyembuhkan luka. Vitamin B2 susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan. Minum susu juga akan membantu kita lebih terlelap saat tidur malam.

Susu sapi kemasan sudah banyak dipasarkan di toko-toko dan supermarket baik dalam bentuk bubuk atau cair. Susu juga sering diolah dalam bentuk lain semisal yogurt atau biskuit yang dikombinasikan dengan tepung gandum. Harga susu di pasaran pun termasuk terjangkau, jadi jangan enggan untuk terus minum susu.

Demikianlah artikel Manfaat Daging dan Susu Sapi Untuk Kesehatan. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging Ikan Salmon Untuk Kesehatan: Cegah Penyakit Jantung. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

About these ads