Manfaat Daging Rusa Untuk Kesehatan: Kaya Protein

Manfaat Daging Rusa Untuk Kesehatan: Kaya Protein – Rusa adalah hewan mamalia pemamah biak yang dalam bahasa Inggris disebut deer. Ciri khas utama hewan ini adalah tanduknya yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun terutama pada rusa jantan. Rusa masuk dalam keluarga Cervidae. Diperkirakan ada sekitar 34 jenis rusa di seluruh dunia.

Manfaat Daging Rusa Untuk Kesehatan: Kaya Protein
Daging rusa mengandung protein dan zat besi yang tinggi serta rendah kalori hingga baik untuk kesehatan kita. Jika kita mengonsumsi 4 ons daging rusa tiap hari, maka 68,5% kebutuhan protein dan 28,2% zat besi dalam sehari telah dapat terpenuhi. Pasokan zat besi yang teratur sangat baik bagi perempuan hamil dan yang tengah mengalami datang bulan. Sebagai tambahan informasi, dalam 4 ons daging rusa tadi hanya mengandung sekitar 179 kalori serta 1,4 gram lemak.

Daging rusa juga dikenal sebagai sumber vitamin B 12 dan B 6, dimana kedua Vitamin tersebut sangat dibutuhkan untuk mencegah munculnya homosistein. Sebagaimana diketahui, tingginya kadar homosistein dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, berkontribusi pada pengembangan dan perkembangan aterosklerosis, penyakit jantung, diabetes, serta meningkatkan risiko serangan jantung serta stroke. Homosistein juga berhubungan dengan penyakit osteoporosis. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa penyakit osteoporosis lebih sering diderita oleh wanita yang asupan vitamin B12 nya kurang dibandingkan dengan mereka yang memiliki status B12 normal. Vitamin B12 juga membantu dalam melindungi sel usus besar dari efek racun karsinogenik, hingga mengurangi resiko kanker usus besar.

Daging rusa juga mengandung riboflavin yang dapat mengurangi terjadinya serangan migrain pada kepala. Kandungan niacin (vitamin B3) yang berfungsi sama dengan Vitamin B komplek lainnya, yaitu sebagai sumber energi juga terkandung dalam daging rusa. Daging rusa juga cukup baik bagi kita yang tengah menjalani program diet.

Demikianlah artikel Manfaat Daging Rusa Untuk Kesehatan: Kaya Protein. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan: Sumber Protein. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

loading...