Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan: Sumber Protein

Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan: Sumber Protein – Spesis ikan air tawar jenis meserba ini disebut Patin atau Pangasius Sutchi. Hidupnya di kawasan sungai dan rawa-rawa. Ciri ikan memiliki dua sungut di kiri kanan dan satu di belakang badan, tubuhnya lembut tanpa sisik. Ikan patin bernilai komersial tinggi, karenanya banyak diternak di kolam-kolam. Terdapat beberapa jenis ikan patin yang biasa dikenali di antaranya Patin Kolam dan Patin Sungai, Patin Buah, Patin Mucung, dan Patin Juara.

Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan: Sumber Protein
Dalam sebuah tulisan Prof. DR. Ir. Made Astawan, MS. seorang dosen Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, IPB, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik. Protein dalam ikan memiliki keunggulan dibanding dengan produk lain yakni komposisi asam aminonya lebih lengkap dan mudah dicerna tubuh. Selain kaya gizi ikan bisa dijadikan pilihan tepat diet.

Nah, protein berperan sebagai zat pembangun yang akan membentuk jaringan baru di dalam tubuh. Tentunya hal sangat baik bagi anak, terutama pada usia pertumbuhan karena di usia ini sel-sel otak balita berkembang. Untuk itulah, suplai protein yang maksimal sangat diperlukan.

Karena kandungan gizinya ditambah tekstur daging yang lembut, ikan patin kerap diolah untuk dibuat bakso ikan, nugget, juga sosis ikan. Namun tak jarang pula, ikan patin dimasak biasa. Karena hidup di air tawar, daging ikan patin agak berbau lumpur. Cara mengatasinya yakni dengan menempatkan ikan di kolam air bersih tanpa makan selama beberapa hari, sehingga daging ikan akan menjadi lebih padat dan bau tanahnya hilang.

Demikianlah artikel Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan: Sumber Protein. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Susu dan Daging Unta Untuk Kesehatan. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

About these ads