Manfaat Lintah Untuk Kesehatan: Pelancar Aliran Darah

Resep Kue Lapis Manis Dan Lembut

Manfaat Lintah Untuk Kesehatan: Pelancar Aliran Darah – Jangan meremehkan lintah, karena binatang ini dapat berfungsi sebagai penyembuh pelbagai macam penyakit. Saking bergunanya, di negara maju seperti kawasan Eropa, lintah sejak lama telah dimanfaatkan secara medis untuk proses terapi pengeluaran darah (plebotomi). Lintah atau pacet tergabung dalam jenis filum Annelida, sub-kelas Hirudinea. Hewan yang dianggap menjijikkan ini ternyata mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Manfaat Lintah Untuk Kesehatan: Pelancar Aliran Darah
Beberapa kandungan zat dalam lintah antara lain:

  • Hirudin, zat yang dapat menghalangi pembekuan darah. Bermanfaat untuk mengembalikan aliran darah yang buntu atau saluran darah yang tersumbat.
  • Histamine, merupakan zat yang berfungsi sebagai pengembang. Zat ini di temukan pada bagian ludah lintah.
    Hyluronidase, semacam obat bius yang berasal dari ludah lintah.
  • Thrombin, zat yang mengaktifkan konversi dari fibrin ke fibrinogen dan meningkatkan pembekuan. Trombosa adalah formasi dari satu gumpal darah di dalam satu pembuluh darah, yang sering menghalangi aliran darah. Trombosa akan terjadi apa bila tubuh mengalami luka. Lokasi paling umum dari trombosa berada di dalam pembuluh darah kaki.
  • Anti Kolagen, zat yang keluar dari air liur lintah atau spesies sejenis berdasarkan hasil penelitian ternyata dapat digunakan untuk perawatan dan pengendalian trombosit. Zat ini dapat berfungsi sebagai penunda penuaan dan dapat digunakan sebagai bagian bahan dasar kosmetika.
  • Nitric Oxide, zat dalam ramuan Viagra. Dalam satu kajian ilmiah University Purdue, lintah jenis Hirudo Medicinalis dikenal dapat mengeluarkan Nitric Oxide (NO) secara alami. Sementara kajian ilmiah lainnya mengatakan bahwa NO dapat menyelesaikan 90% masalah kegagalan ereksi kaum lelaki.

Lintah sering digunakan sebagai obat alternatif dengan cara ditempelkan pada bagian tubuh untuk menghisap darah kotor. Hasil studi yang dilakukan para peneliti di Jerman, menunjukkan bahwa lintah diakui dapat mengobati rasa sakit dan juga radang. Dengan menghisap darah kotor, darah statis, dan darah teracuni, maka peredaran darah yang semula tersumbat menjadi lancar kembali.

Seperti diketahui, darah kotor mengandung racun yang bisa menyumbat peredaran darah yang akan mengakibatkan sistem peredaran darah dalam tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal tersebut dapat menyebabkan kesehatan seseorang terganggu, baik secara fisik maupun mental.

Demikianlah artikel Manfaat Lintah Untuk Kesehatan: Pelancar Aliran Darah. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan: Atasi Kencing Manis. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

Advertisements