2 Contoh Surat Kuasa Menjual Barang Jaminan

2 Contoh Surat Kuasa Menjual Barang Jaminan – Berikut adalah contoh surat kuasa menjual barang jaminan yang bisa digunakan untuk lembaga keungan atau untuk keperluan surat kuasa pribadi.

Contoh Surat Kuasa Menjual Jaminan 1

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Mujiono
Alamat : Jl. Contoh Surat Resmi No. 99, Cibinong Bogor
Pekerjaan: Pegawai Negeri Sipil
No. KTP : 0123456789

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama diri sendiri berdasarkan dan dalam kedudukannya selaku Pemilik dari kendaraan bermotor yang akan disebut di bawah ini. Untuk selanjutnya disebut “PEMBERI KUASA”.

Dengan ini memberi kuasa penuh dengan hak substitusi kepada:

Nama : Sulamun
Alamat : Jl. Contoh Surat Kuasa No. 214, Cibinong Bogor
Pekerjaan: Wiraswasta
No. KTP : 9876543210

Untuk selanjutnya disebut “PENERIMA KUASA”

Atas hak-hak PEMBERI KUASA dari Kendaraan bermotor yang tersebut di bawah ini:

Merk: Jaling
Tipe: VR250
No. Chasis: 22244311234
No. Mesin: 531677578884
No. Polisi: B1122PJR
Warna: Hitam

Untuk selanjutnya disebut “KENDARAAN BERMOTOR”.

Dan, hak-hak atas KENDARAAN BERMOTOR yang dipergunakan sebagai jaminan pelunasan Utang PEMBERI KUASA kepada PENERIMA KUASA berdasarkan Perjanjian Pengakuan Utang dengan Penyerahan Hak Milik secara Fiducia yang telah ditandatangani pada tanggal 01/01/2002 berikut perubahan-perubahan, perjanjian-perjanjian, serta penambahannya yang sudah dibuat atau akan dibuat di kemudian hari (untuk selanjutnya disebut “PERJANJIAN”).

Kuasa-kuasa sebagaimana tertulis di bawah ini tidak dapat berakhir, karena sebab-sebab yang disebut dalam Pasal 1813 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, atau karena sebab-sebab apa pun, dan dapat sewaktu-waktu dilaksanakan oleh PENERIMA KUASA tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu baik secara tertulis maupun tidak tertulis.

Kuasa-kuasa yang diberikan adalah melakukan tindakan-tindakan di bawah ini, apabila pemberi kuasa lalai dalam melakukan kewajiban-kewajiban sesuai dengan Perjanjian Utang dengan Penyerahan Hak Milik Secara Fiducia:

– Untuk mengambil secara langsung barang milik yang dipakai PEMBERI KUASA berupa kendaraan seperti tersebut di halaman ini.
– Memasuki ruangan tempat tinggal atau kantor PEMBERI KUASA atau di tempat lain di mana kendaraan tersebut berada.
– Memberikan persetujuan untuk mengadakan pemblokiran atas STNK dan BPKB, serta mengurus dan menyelesaikan balik nama kendaraan tersebut guna kepentingan PENERIMA KUASA atas biaya pemberi kuasa.
– Mengambil kendaraan tersebut dari tangan PEMBERI KUASA atau pihak lain siapa pun adanya dan membawanya ke tempat yang dipandang baik oleh PENERIMA KUASA.
– Menjual kendaraan tersebut di atas pada pihak ketiga menurut harga yang dianggap patut oleh PENERIMA KUASA, membayar ongkos pengambilan dan penjualan dari hasil penjualan tersebut, serta memotongkan hasil penjualan bersih dari buku utang pemberi kuasa dengan memberikan bukti pemotongan pada PEMBERI KUASA.

Demikian Surat Kuasa ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
surat kuasa Menjual Barang Jaminan 1

Contoh Surat Kuasa Menjual Jaminan 2

SURAT KUASA PENJUALAN JAMINAN

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : Mujiono
Alamat : Jl. Contoh Surat Resmi No. 99, Cibinong Bogor
Pekerjaan: Pegawai Negeri Sipil
No. KTP : 0123456789

Dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama : Sulamun
Alamat : Jl. Contoh Surat Kuasa No. 214, Cibinong Bogor
Pekerjaan: Wiraswasta
No. KTP : 9876543210

untuk melakukan penjualan barang yang dijaminkan sesuai dengan yang tertera dalam Akad Perjanjian Murabahah No: 365 jika terjadi lalai dalam melakukan kewajiban-kewajiban sesuai dengan Perjanjian diatas.

Adapun besaran jumlah nominal yang menjadi hak KSU Syariah Al-Qudwah adalah senilai sisa utang saya. Dan jika setelah dilakukan penjualan atas jaminan, ternyata masih terdapat kekurangan, maka hal tersebut akan menjadi tanggungan saya sepenuhnya.

Dengan ini saya menyatakan pula bahwa saya membebaskan KSU Syariah Al-Qudwah dari segala tuntutan yang ada sebagai akibat dari tindakan-tindakan diluar hukum dan peraturan perundangan yang berlaku.

Demikian SURAT KUASA ini saya buat dan tandatangani dengan sebenarnya dan dapat saya pertanggungjawabkan sesuai hukum yang berlaku dan SURAT KUASA ini saya buat tanpa paksaan/tekanan dari pihak manapun.
surat kuasa Menjual Jaminan 2

Demikianlah 2 Contoh Surat Kuasa Menjual Barang Jaminan. Semoga Bermanfaat.

Silahkan kunjungi artikel surat kuasa kami sebelumnya yaitu Contoh Surat Kuasa Warisan (Menjual dan Mengurus).

loading...