P3K: Menangani dan Menghentikan Pendarahan Hebat

P3K: Menangani dan Menghentikan Pendarahan Hebat – Pendarahan hebat bisa membahayakan jiwa korban karena jika hal ini berlangsung lama dengan tanpa ada penanganan dan pencegahan yang benar, risiko yang dialami pihak korban adalah akan kehabisan darah. Jika terjadi peristiwa pendarahan hebat sementara pihak dokter atau rumah sakit yang dihubungi belum tiba di tempat kejadian, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menghindarkan korban dan risiko kehilangan atau kehabisan darah dalam jumlah ukuran yang besar. Upaya pertolongan pertama itu antara lain:

P3K - Menangani Pendarahan Hebat
1. Baringkan untuk mencegah agar korban tidak jatuh pingsan. Selanjutnya tahap pertama untuk menghentikan pendarahan, Anda tekan bagian luka yang mengakibatkan pendarahan itu dengan dengan sepotong kain kasa atau kain bersih lainnya. Bila kain itu kemudian basah karena darah, segera ganti dan lapisi dengan kain baru
dengan ditempatkan di atas kain pertama, dan teruskan untuk menekannya. Jika tekanan langsung itu kurang berhasil untuk menghentikan pendarahan, lakukan upaya penekanan di atas dan di bawah luka. Seringkali cara seperti ini berhasil untuk menghentikan pendarahan.

2. Bila terjadi di tangan atau kaki, dan pendarahan ini tidak dapat dihentikan dengan cara penekanan langsung, coba dengan cara menekan nadi dan kaki atau tangan yang mengalami pendarahan itu dengan tangan atau jari-jari Anda. Ada empat tempat penekanan di mana pembuluh darah cukup jelas bagi usaha pertolongan pertama. Yang harus diingat, jangan mencoba menekan pembuluh darah sekitar luka yang terdapat di leher, kepala dan dada.

3. Bila pendarahan telah terhenti, balutlah luka tersebut dengan kain atau kain kasa. Namun jangan membalut dengan terlalu kencang kuat karena akan menyebabkan tidak dapat di rasakan lagi denyut nadi di atas atau di sekitar luka. Perhatikan dengan seksama apakah terdapat tanda shock pada diri korban.

4. Untuk mencegah kemungkinan infeksi, Anda harus menjauhkan atau menghindarkan luka tersebut dengan kain yang tidak steril atau jangan sampai tangan Anda tidak tercuci dengan bersih ketika sedang memegang bagian luka yang mengalami pendarahan itu. Tindakan yang ini hanya boleh dilakukan jika keadaannya menunjukkan
sudah tidak ada pilihan lain (darurat). Kemudian serahkan pada dokter untuk tindakan pembersihan dan perawatan lebih lanjut.

Orang dewasa biasanya mempunyai darah antara 5-6,5 liter. Kehilangan darah hingga mencapai ukuran 1,7 liter jelas akan menimbulkan bahaya. Anda perlu segera menangani situasi ini dan pergunakan apa saja yang ada di sekitar kejadian yang mungkin dapat membantu. Jika Anda dapat memperkirakan berapa banyak darah telah hilang akibat dari kasus pendarahan itu, beritahukan hal ini kepada dokter. Pemberitahuan ini akan sangat membantu bagai dokter untuk melakukan langkah-langkah penanganan selanjutnya.

Demikianlah artikel P3K: Menangani dan Menghentikan Pendarahan Hebat. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik P3K: Kecelakaan Mobil. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.

Advertisements