Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K): Geger Otak

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K): Geger Otak – Gegar otak adalah trauma kepala yang tidak disertai kerusakan jaringan otak dan menyebabkan pingsan selama tidak lebih dari 10 menit. Luka pada kepala bisa terjadi karena kecelakaan lalu untas, jatuh atau karena peristiwa kekerasan lainnya. Jika seseorang mengalami hal yang demikian itu, akibat yang dialami atau ciri dari situasi gegar otak adalah : pikiran kabur atau mengalami pingsan, pendarahan mulut, hidung dan telinga, denyut nadi berlangsung cepat dengan hentakan lemah, biji mata redup. Dalam keadaan yang lebih parah dapat terjadi kelumpuhan pada beberapa organ tubuh, sakit kepala, penglihatannya menjadi rangkap, muntah dan pucat.

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Geger Otak
Atau korban terlihat normal namun ia kehilangan kesadaran sementara waktu, kehilangan ingatan terhadap peristiwa yang baru saja dialami, selanjutnya jatuh pingsan serta tanda-tanda yang lain. Keadaan yang paling parah adalah terjadinya pendarahan dalam otak dan kesulitan-kesulitan serius lainnya dikemudian hari.

Jika Anda menghadapi seseorang mengalami hal-hal yang telah disebutkan, langkah pertolongan pertama pada kecelakaan tersebut adalah:

1. Membaringkan korban. Dengan berbaring maka hal ini akan berguna untuk mengurangi risiko dan kemungkinan pendarahan.
2. Bila pasien pingsan dan tercekik, maka baringkan dan miringkan kepalanya ke salah satu sisi sehingga darah dan lendir keluar dan mulutnya.
3. Bila kepalanya berdarah, tempatkan kain kasa pada luka dan balut.

Biarkan dia berbaring sampai mendapatkan pertolongan atau menyerahkan kepada rumah sakit.

Demikianlah artikel Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K): Geger Otak. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik P3K Patah Rahang, Patah Leher dan Patah Tulang Punggung. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.

loading...