P3K: Cara Mengangkat Orang Yang Terluka

P3K: Cara Mengangkat Orang Yang Terluka – Mengangkat orang yang sedang mendapatkan luka tidak boleh sembarangan. Ada cara-cara yang benar untuk melakukan tindakan tersebut. Cara mengangkat bisa dilakukan setelah dilakukan pengamatan pada luka itu.

Luka yang terdapat di leher atau punggung mempunyai risiko yang tinggi jika diangkat dan keadaan korban bisa menjadi semakin parah. Untuk luka di kedua organ tersebut perlu ditangani oleh ahli medis dengan menggunakan ambulan atau dokter.

P3K - Cara Mengangkat Orang Yang Terluka
Namun begitu ketika Anda menemukan orang yang luka langkah-langkah umum harus dilakukan, yaitu :

1. Menutup luka dan korban dengan selimut atau jas sebagai alas untuk tempat berbaring.
2. Jangan merubah posisinya sampai Anda dapat menetukan dan menemukan keadaan lukanya yang sebenarnya.
3. Pengangkatan baru dilakukan jika keadaannya telah mengharuskan dengan tujuan menghindarkan luka dalam keadaan yang lebih parah.
4. Bila korban mengharuskan dipindah ke tempat yang aman, pindahkan dengan cara menyeret searah dengan panjang badannya dan jangan sekali-kali merubah arah ke samping.
5. Hamparkan sehelai selimut atau jas di bawah tubuhnya, sehingga korban dapat ditarik dengan atau di atas selimut atau jas tersebut.

Bila mengharuskan diangkat, lakukan hal ini dengan mewaspadai jangan sampai angkatan itu dapat membuat tubuhnya tertekuk. Lakukan dengan mengangkat ujung kaki atau kepala saja. Usahakan korban diangkat dalam posisi mendatar atau lurus. Bila korban harus diangkut, bawalah dalam posisi berbaring atau setengah berbaring.

Tiap bagian tubuh korban disangga dan angkat sesuai garis lurus. Buatlah alat pengangkut atau tandu dari daun pintu yang dilepaskan atau papan yang agak lebar. Bila benda-benda ini tidak didapatkan, buatlah tandu dan dua tongkat dengan sehelai selimut atau dua buah jaket.

Bila tandu dibuat dan selimut, ikatlah setiap ujung dan satu sisi selimut pada sebuah tongkat, dan ujung dari sisinya lainnya pada tongkat yang lain. Jika dengan jaket, kancingkan terlebih dahulu kancing jaket, kemudian masukkan lengan jaket ke masing-masing tongkat melalui pangkal lengan dan jaket tersebut.

Atau pergunakan kursi yang diangkat oleh dua orang atau lebih untuk mengangkutnya jika melaui jalan yang sempit dan berliku. Jika sudah sampai ke dokter atau rumah sakit, beritahukan dokter perihal luka dan kecelakaannya.

Demikianlah artikel P3K: Cara Mengangkat Orang Yang Terluka. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K): Geger Otak. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.

Advertisements