P3K Patah Rahang Patah Leher dan Patah Tulang Punggung P3K Patah Tulang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

P3K Patah Rahang, Patah Leher dan Patah Tulang Punggung

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) patah leher atau patah tulang

Indikasi yang dirasakan jika seseorang mengalami cedera patah leher adalah tidak dapat menggerakkan jari-jari dengan lancar, merasa kesemutan atau merasa kébal pada sekitar punggung atau pundaknya. Sementara untuk cedera tulang belakang atau retaknya tulang belakang, indikasinya adalah dapat menggerakkan jari-jari tangan (tapi jari-jari kaki dapat digerakkan), merasa kesemutan atau kebal pada kaki, merasakan sakit bila menggerakkan punggung atau leher.

Langkah mudah sebagai tindakan pertama jika mendapätkan seseorang yang mengalami patah atau retak pada leher dan tulang punggung adalah:

1. Dengan melonggarkan pakaian pada sekitar leher dan pinggang korban.
2. Menyelimuti korban dengan selimut dengan tujuan menjaga kehangatan tubuhnya.
3. Jangan mengangkat tubuh korban atau membiarkan ia bergerak. Biarkan korban dalam posisi pasif.
4. Jangan pula mengangkat kepalanya hanya dengan tujuan memberinya minum.

Tindakan-tindakan yang gegabah dalam menangani korban yang mengalami cedera atau retak pada leher dan tulang punggung akan sangat merugikan bagi penderita. Hal dikarenakan, sumsum tulang belakang memanjang ke bawah melalui leher dan tulang punggung, dan setiap gerakan tidak perlu yang terjadi saat terjadi cedera akan dapat mengakibatkan kelumpuhan.

P3K Patah Rahang, Patah Leher dan Patah Tulang Punggung
Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) rahang patah

Rahang dapat retak bahkan patah disebabkan oleh pukulan atau benturan (berkelahi, olahraga tinju, tabrakan atau jatuh). Keadaan ini akan menimbulkan rasa sakit setiap kali mulut dibuka atau ditutup.

Jangan melakukan apa-apa, tetapi usahakanlah agar rahang itu tidak bergerak-gerak, dengan cara membuat ikatan dan bawah dagu sampai ke atas. Segeralah bawa korban ke rumah sakit terdekat.

Demikianlah artikel P3K Patah Rahang, Patah Leher dan Patah Tulang Punggung. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Patah Tulang. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.

To top