Manfaat Jaring Laba-laba: Penyembuh Luka

Manfaat Jaring Laba-laba: Penyembuh Luka – Laba-laba merupakan hewan berbuku-buku (arthropoda) dengan dua bagian tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dan tak memiliki mulut pengunyah. Semua jenis laba-laba digolongkan ke dalam ordo Araneae. Laba-laba bersama kalajengking, ketonggeng, dan tungau, dimasukkan ke dalam kelas Arachnida.

manfaat jaring laba-laba
Laba-laba adalah hewan pemangsa yang terkadang kanibal, mereka memakan jenisnya sendiri meskipun mangsa utamanya adalah serangga. Hampir semua jenis laba-laba mampu menyuntikkan racun melalui sepasang taringnya. Meski begitu, dari puluhan ribu spesies laba-laba yang ada, hanya sekitar 200 spesies yang dilengkapi racun yang berbahaya bagi manusia.

Tidak semua laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa, tetapi semua laba-laba mampu menghasilkan benang sutera, yaitu helaian serat protein tipis namun kuat. Serat sutera ini amat berguna untuk membantu pergerakan laba-laba, berayun dari satu tempat ke tempat lain, menjerat mangsa, membuat kantung telur, melindungi lubang sarang, dan lain sebagainya.

Secara medis, laba-laba ternyata dapat digunakan sebagai hewan penyembuh, bukan dengan memanfaatkan tubuhnya tetapi memanfaatkan serat sutera penuh protein yang dimiliki laba-laba. Para ahli Farmakologi di Universitas Wyoming Amerika Serikat memanfaatkan benang laba-laba Nephila sebagai benang jahit untuk operasi yang sangat sensitif, seperti: operasi-operasi pada tendon, operasi mata, atau jaringan syaraf.

Jaring laba-laba memang dapat menyambung otot (tendon) atau memulihkan ligamen yang rusak. Selain sangat kuat, serat alami ini tidak menyebabkan infeksi. Meski demikian, para ilmuwan belum menemukan bukti bahwa jaring laba-laba dapat membunuh kuman. Sejauh ini, hasil percobaan menunjukkan bukti bahwa jaring laba-laba tidak menghasilkan respon kekebalan terlalu besar hingga dapat diterima tubuh.

Penggunaan serat laba-laba untuk menutup luka memang belum populer di Indonesia. Namun karena perkembangan ilmu kedokteran yang cukup pesat, dapat dimungkinkan suatu hari nanti serat laba-laba akan lebih banyak digunakan.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Jaring Laba-laba: Penyembuh Luka ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat dan Fungsi Kutu Kepala: Meski Gatal Lancarkan Darah. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.

Advertisements