Manfaat Susu dan Daging Kuda Yang Kaya Gizi

Manfaat Susu dan Daging Kuda Yang Kaya Gizi – Siapa sih tidak mengenal kuda atau Equus Caballus? Binatang ini telah bersahabat dengan manusia sejak lama. Di Eropa 4500 SM, kuda digunakan untuk menarik gerobak juga kendaraan perang. Ditinjau dari nilai gizinya, susu dan daging kuda tertanyata tidak kalah dari sapi lho..

Manfaat Susu dan Daging Kuda Yang Kaya GiziBicara susu kuda selalu identik dengan susu kuda liar atau susu kuda Sumbawa. Di Indonesia, susu kuda memang pertama kali populer di daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kepopuleran susu kuda ini hingga daratan Eropa. Bahkan di Perancis Selatan, susu kuda sudah diolah menjadi berbagai produk, semisal keju.

Susu kuda mengandung protein berberat molekul terendah yang membuat protein mudah dicerna. Susu ini cocok dikonsumsi bayi karena komposisi zat gizinya mendekati air susu ibu (ASI). Berdasar laporan FAO (Food and Agricultural Organization), kadar kasein susu kuda lebih rendah dibanding susu sapi. Kasein tinggi pada susu bisa menggumpal di dalam perut bayi, hingga lebih sulit dicerna.

Selain protein, susu kuda juga mengandung lemak, vitamin, dan mineral. Komposisi asam lemak pada susu kuda terdiri dari asam lemak rantai pendek, hingga lebih mudah diserap tubuh. Bagi kita yang tengah berdiet, tak usah khawatir minum susu kuda karena 100 gram susu kuda mengandung energi sebesar 44 kkal, sedangkan 100 gram susu sapi mengandung 64 kkal dan ASI 70 kkal.

Berdasar penelitian Heru Yuniati, susu kuda kaya akan lisosim. Lisosim efektif terhadap Escherichia Coli bila bekerjasama dengan imunoglobulin A (Ig A) yang juga banyak terdapat pada susu. Lisosim sendiri memiliki aktivitas anti-bakterial. Dengan demikian risiko sakit perut atau diare akibat mengonsumsi susu kuda dapat dikurangi.

Lisosim mampu membatasi migrasi neutrofil ke jaringan yang rusak. Hal tersebut membuat lisosim memiliki sifat anti-inflamatori (anti-radang). Hasil riset menunjukkan, dengan pemberian susu kaya lisosirn pada bayi baru lahir, dapat mengurangi indikasi infeksi gastrointestinal (saluran pencernaan).

Selain susunya, daging kuda juga memiliki banyak khasiat. Malah Departemen Pertanian Amerikan Serikat (USDA) merekomendasikan menu kuda sebagai olahan makanan. Salah satu alasannya, karena daging kuda berprotein sangat tinggi, yaitu 21,39 persen, lebih tinggi dari pada kelinci (20,8 persen), daging sapi (20 persen), daging lembu (16 persen), dan daging babi (14 Persen).

Tak hanya itu, kualitas mineral dalam daging kuda juga sangat baik. Kandungan zat besinya pun lebih tinggi dibanding: kambing, sapi, juga ayam. Seratus gram daging kuda mengandung 3,82 mg zat besi, sedangkan dalam daging kambing 3 mg, daging lembu 2,3 mg, daging sapi 2,2 mg, dan daging ayam 1,8 mg. Zat besi ini penting bagi tubuh karena memiliki efek menambah energi, mengurangi letih, juga meningkatkan kekebalan. Kandungannya kolesterol daging kuda pun terhitung rendah, 100 gram daging kuda hanya mengandung kolesterol 50-60 mg, sedangkan 100 gram daging sapi (70-84 mg), dan ayam dengan kulit (81- 100 mg).

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Susu dan Daging Kuda Yang Kaya Gizi ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging Kodok: Atasi Kanker Hingga Mani Encer. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.