Manfaat Daging Kerang: Cocok Untuk Diet Manfaat dan Khasiat Manfaat dan Khasiat Hewan

Manfaat Daging Kerang: Cocok Untuk Diet

Manfaat Daging Kerang: Cocok Untuk Diet – Kerang adalah jenis hewan bercangkang dari keluarga Moluska. Manusia mengenal kerang sebagai salah satu bahan konsumsi sejak lama. Hewanini mengandung banyak protein dan zat yang berguna.

Manfaat Daging Kerang: Cocok Untuk DietMohamad Harli, seorang Sarjana Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga IPB pernah menuliskan bahwa kerang mengandung beberapa zat gizi penting. Makanan laut ini merupakan sumber protein hewani. Mutunya malah termasuk kategori complete protein karena kadar asam amino esensialnya tinggi, sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh.

Kerang juga mengandung mineral di antaranya: besi (Fe), fosfor (P), flour (F), iodium (I), kalsium (Ca), kalium (K), seng (Zn), selenium (Se), dan lain-lain. Di samping itu kerang juga termasuk sumber vitamin larut lemak seperti vitamin: A, D, E, dan K. Selain vitamin larut lemak juga terkandung vitamin larut air, seperti: B-1, B-2, B-6 (piridoxin), B-12, dan Niasin. Mengonsumsi sekitar 300 gr kerang dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin B-12 untuk tubuh. Sebagaimana diketahui, vitamin B-12 mampu melindungi kolon dari resiko kanker.

Kerang memang mengandung kolesterol, namun kadar lemak total maupun lemak jenuhnya tergolongnya rendah. Bahkan kerang memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda (omega 3) yang tinggi. Marian T. Child (1937), peneliti dari Department of Medicine, Interdisciplinary Program in Nutritional Science and School of Public Health and Community Medicine, University of Washingtonb di Seattle AS, berhasil menunjukkan bahwa mengonsumsi kerang tidak meningkatkan kadar kolesterol darah secara signifikan.

Childs meneliti daya serap kolesterol dari tiga jenis diet yang diatur zat gizinya sesuai keperluan tubuh. Ketiga jenis diet tersebut dibedakan oleh sumber kolesterol yakni diet ayam (diet standar + dada ayam tanpa kulit), kerang (diet standar + remis/tiram), dan kepiting (diet standar + kepiting).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap kolesterol paling rendah berasal dari diet kerang (42 +/- 3 persen), kemudian diet ayam (54 +/- 3 persen), dan diet kepiting (55 +/- 3 persen). Mengacu pada hasil penelitian tersebut terbukti bahwa daya serap kolesterol kerang 25 persen lebih rendah dari kolesterol ayam dan kepiting. Dan untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, lebih baik menu kerang diolah dengan cara rebus atau panggang ketimbang digoreng.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Daging Kerang: Cocok Untuk Diet ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Banyak Manfaat Makan Kepiting. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.

To top