Mengenali Kemampuan Mengelola Keuangan Berdasarkan Zodiak

Kemampuan Anda memegang uang, konon dipengaruhi oleh zodiak. Coba teliti kekuatan dan kelemahan bintang Anda. Siapa tahu, Anda bisa menggali potensi diri agar dapat banyak uang. Mari kita lihat apa kata bintang Anda dan pengaruhnya dengan sisi keuangan. Bila titik lemah bisa diketahui, maka istilah kantong kering tak akan menghampiri Anda.

ARIES (21 MARET-20 APRIL)
Bintang ini terkenal impulsif dan pemboros. Meski begitu, barang yang Anda beli biasanya justru berkualitas bagus dan tahan lama. Nantinya Anda akan tidak hura-hura dan menabung. Untuk urusan belanja, Aries jagonya Anda bisa mendapatkan barang bagus dengan harga bagus pula. Antusiasme yang tinggi kadang menjerumuskannya pada masalah keuangan.

Orang-orang Virgo dan Capricom bisa menjadi penasihat keuangan Anda. Hati-hati dengan Pisces yang pandai bicara. Gemini dan Libra.

Keuangan: Bila butuh fasilitas kredit, lihat-lihat dulu. Bank mana yang paling murah bunga awalnya. Baca The Richest Man in Babylon oleh George S. Clason (New American Library).

zodiak keuangan
TAURUS ( 21 APRIL – 21 MEI )
Walau konservatif, Taurus bukan tipe orang yang membosankan. Sebenamya Taurus itu pendengar yang baik, tapi sebaliknya orang lain menganggapnya sebagai ‘si lamban’. Kemampuan Anda menganalisa keadaan, produk atau kesempatan investasi biasanya seimbang. Bahkan dalam berinvestasi, cenderung licik. Anda senang dikelilingi benda-benda bagus. Untuk mendapatkannya, Anda rela berkorban.

Kadang Anda cenderung malas, karenanya mudah sekali tergoda berbelanja di dunia maya. Hati-hati membuat komitmen keuangan yang bakal membebankan hidup Anda. Dengarkan nasihat Taurus, Scorpio dan Capricom. Hindari Aries, Leo dan Gemini

Keuangan: Untuk memperbaiki tingkat hidup, cobalah jadi pialang saham di rumah. Kalau ragu, baca It’s Your Money : The E-TRADE Step-by-Step Guide to Online Investing oleh Christos M. Costakos (Harper Business).

GEMINI (22 MEI – 21 JUNI)
Gemini suka sekali ngerumpi dan bergosip ria. Segala macam  informasi langsung Anda serap dan sebarluaskan ke segala penjuru. Termasuk tidak betah berdiam diri dan punya mobilitas tinggi. Tak heran mobil anda jadi benda penting dalam hidup Anda.

Gemini cenderung sembrono, karenanya malas melakukan pekerjaan kecil yang membutuhkan ketelitian dan hasilnya tidak seberapa. Perlu Anda ingat: Tak akan ada uang besar, jika tak ada uang kecil. Hati-hati dengan biaya telepon dan perjalanan. Penasihat keuangan yang baik untuk Anda adalah Scorpio dan Capricom. Hati-hati dengan Pisces.

Keuangan: Sebagai biang gosip, ada baiknya Anda bergabung dalam kepengurusan buletin internet keuangan. Dijamin, Anda tak akan ketinggalan berita hangat soal investasi.
Baca How Think Like Benjamin Graham and Invest Like Wareen Buffet, oleh Lawrence A. Cunningham (Mc Gaw-Hill Proffesional Publishing)

CANCER (22 JUNI-23 JULI)
Zodiak ini lebih hati-hati daripada yang lainnya. Kemungkinan besar Anda akan berinvestasi dalam bentuk properti. Apalagi Anda memang suka mendandani rumah. Hebatnya, Anda bisa otomatis menahan diri tidak berbelanja ketika pengeluaran mulai jor-joran. Selain mendandani rumah, Anda juga senang mengundang teman makan malam bersama, atau sekedar kumpul-kumpul. Karenanya lemari es Anda selalu dipenuhi dengan aneka bahan makanan. Hati-hati dengan kecenderungan terlalu berlebihan dalam menata rumah dan menjamu teman-teman.

Hindari Libra yang doyan pesta. Tapi jalinlah persahabatan dengan Capricom, si bijaksana.

Keuangan: Properti adalah investasi jangka panjang yang solid, temtama bila Anda memang sedang menata rumah dan menjualnya kembali dengan untung. Amati keadaan pasar, sebelum membeli rumah. Baca Robert Irwins Power Tips for Selling a Hose for More oleh Robert Irwins (Mc Gaw-Hill Proffesional Publishing).

LEO (21JULI-23 AGUSTUS)
Anda senang belanja barang mahal untuk diri sendiri maupun orang lain. Senang belanja, sedih belanja, bingung pun belanja. Akibatnya Anda sering pusing tujuh keliling kehabisan uang Tapi Anda tak pernah jera, terus saja berbelanja seenaknya, secara tunai atau dengan kartu kredit. Anda selalu berasumsi segala masalah pasti ada jalan keluamya. Anda tidak lihai menawar harga, karenanya lebih suka berbelanja di butik atau departmen store yang harganya sudah pasti. Perhiasan dan hiburan adalahnhal penting bagi Anda. Sebagai ‘anak gaul’, Anda senang menggabungkan bisnis dengan kesenangan.

Saat musim belanja, hindari Gemini. Dengarkan nasihat bijak dari Capricom dan Taurus.

Keuangan: Orang Leo sangat cocok berinvestasi pada keanggotaan klub, karena bisa dapat teman ngobrol dan berbagi tips. Bisa dengan membuka klub sendiri atau bergabung dengan klub yang sudah ada. Baca Investing for Dummies oleh Eric Tyson (Hungry Minds Inc.).

VIRGO (24 AGUSTUS-23 SEPTEMBER)
Sikap perfeksionis membuat Anda selalu merasa khawatir dan berhati-hati. Sebelum membeli sesuatu, sebisa mungkin Anda akan menelitinya luar dalam untuk memastikan barang itu tahan lama dan berkualitas bagus. Biasanya, sebisa mungkin Anda akan mencari celah untuk minta discount. Tapi kalau harga barang itu sudah pas, Anda tak segan membelinya. Meskipun sebenarnya barang yang dibeli tidak bisa dipakai saat itu dan terpaksa harus mengurangi jatah hura-hura.

Aries dapat membuat Anda lebih santai dan spontan. Hati-hati dengan Gemini dan Sagitarius yang dapat membuat Anda terhanyut jauh.

Keuangan: Jangan terlalu khawatir. Cari penasihat keuangan profesional yang bisa menangani kekhawatiran dan investasi Anda. Baca Nine Steps to Financial Freedom: Practical and Spiritual You Can Stop Worrying oleh Suze Orman (Three Rivers Press).

LIBRA (24 SEPTEMBER – 21 OKTOBER)
Meski sebenarnya Anda setuju dengan ide hidup sesuai dana yang ada, tapi pada kenyataannya seringkali gagal. Anda bisa mati-matian mengencangkan ikat pinggang untuk menghemat sisa-sisa uang terakhir. Tapi ketika di tangan masih banyak uang. Anda cenderung sering lepas kendali. Ini tidak lepas dari kegemaran Anda pada barang-barang mewah dan indah. Apalagi Anda doyan pesta. Untuk itu, Anda butuh banyak baju bagus untuk setiap kesempatan berbeda. Sebagai orang yang sulit menolak, Andalah sasaran empuk para wiraniaga.

Pada saat bersuka, tak ada salahnya bergaul dengan Cancer atau Virgo yang bisa mengendalikan Anda Hindari Gemini, Aquarius dan Pisces.

Keuangan: Buang kebiasaan berhutang. Lebih baik belajar menikmati serunya berinvestasi. Baca Your Money Or Your Life, Transforming Your Relationship with Monwy and Achiwving Financial Independence oleh Joe Dominguez dan Vicki Robin (Penguin).

SCORPIO (24 OKTOBER – 25 NOVEMBER)
Anda mahir menimbang kemampuan seseorang membeli sebuah barang atau membayar suatu jasa tertentu. Keterampilan ini muncul bukan karena Anda pebisnis ulung, tapi karena mampu memahami orang lain. Anda tak mau berinvestasi pada hal-hal yang berbau tipu daya. Sebaliknya Anda justru sangat rela bila uang banyak tersedot untuk amal. Biasanya Scorpio memiliki lebih dari satu rekening di bank, karena tidak mau satu perusahaan tahu segalanya tentang diri Anda. Bulan-bulan mendatang akan ada tawaran untuk melakukan investasi bersama.

Sukses akan menanti, jika Anda menjalin kerja sama dengan sesama Scorpio, Taurus dan Aquarius akan memberikan kegembiraan berpetualang.

Keuangan: Anda akan tumpuk lebih bijaksana dan bersinar terang bila ‘menanam’ uang pada hal-hal baik dan mendermakan sebagian bunga pendapatan.Baca Thw Buffettology Workbook : Tundess Investing Strategia for AnybEconomy oleh Mary Buffet dan David Clark (Fireside).

SAGITARIUS (23 NOVEMBER-22 DESEMBER)
Prinsip Anda, hidup ini hanya sesaat. Karenanya harus dipuaskan dengan banyak penjelajahan untuk lebih mengenal orang dan tempat baru. Tentu saja, ini perlu biaya yang banyak. Anda mudah berteman dan setia pada persahabatan. Bagi Anda, uang itu alat untuk memenuhi segala keinginan. Kelemahan utama Anda, mudah tergoda judi. Hati-hati, Anda bisa lepas kendali karenanya.

Kebanyakan Sagitarius mengalami kemandegan justru ketika sedang berusaha serius menangani urusan keuangan. Pasangan bisnis yang cocok adalah Libra atau Aries. Hati-hati dengan Cancer, Scorpio dan Pisces.

Keuangan: Anda bisa memuaskan keinginan bertualang dengan menjual keahlian di bursa kerja luar negeri. Atau berinvestasi altematif seperti membeli buku-buku edisi pertama Harry Potter. Coba simak buku The Pathfinder: How to Change Your Career for a Lifetime of Satisfaction and Success oleh Nicholas Lore (Fireside).

CAPRICORN (23 DESEMBER-21 JANUARI)
Anda selalu bersikap sangat hati-hati dan tak cuma memikirkan masa depan sendiri, namun juga masa depan anak cucu. Anda lebih suka melakukan pekerjaan sendiri ketimbang menyuruh orang lain. Alasannya karena bisa lebih menghemat uang. Karena itu ketrampilan merupakan hal yang sangat berani bagi Anda. Selain itu Anda lebih suka bertahan bekerja di perusahaan mapan, atau menyimpan uang di bank pemerintah. Anda tak akan tergiur pada perusahaan baru kelihatannya menjanjikan seperti perusahaan dotcom.

Dengarkan nasehat Gemini dan Sagitarius selama bulan-bulan September, Oktober, dan November.

Keuangan: Cobalah berinvestasi pada pemadam komputer yang solid. Perusahaan farmasi juga bisa jadi pilihan. Tapi jika Anda suka spekulasi, mintalah orang berpengalaman bagaimana caranya memulai perusahaan agar dapat berkembang. Baca The Street .Com Guide Guide to Smart Investing in the Internet Era oleh David Kansas dan James Cramer (Doubleday).

AQUARIUS (21 JANUARI-19 FEBRUARI)
Aquarius adalah gambaran pribadi yang eksentrik. Tak heran bila akhirnya Anda sering bertindak sesuka hati. Menyukai hidup bebas tak terikat, Anda paling sebal bila diatur. Anda suka sekali mendiskusikan sesuatu. Umumnya Warga Aquarius adalah pemikir ulung dan mampu “membaca” tren serta produk yang akan digandrungi masyarakat. Manfaatkan sebaik-baiknya sifat Anda yang satu ini. Karakter Anda juga jadi pendorong peningkat stabilitas keluarga dan jenjang karier.

Ada baiknya Anda mendengarkan nasehat dari Capricom dan hindari Aries atau Leo.

Keuangan: Aquarius bisa menjadi pemimpin bisnis masa depan. Maka, putar otak Anda sebaik-baiknya untuk mencari bentuk teknologi baru. Baca Smart Women Finish Rich: Seven Step to Achieving Financial Security and Funding Your Dreams oleh David Bach (Broadway Books).

PISCES (20 FEBRUARI-21 MARET)
Kebanyakan warga Pisces dianugerahi kemampuan indra keenam. Anda juga suka sekali berkhayal, terutama saat membuat keputusan finansial yang pelik. Di saat lain, intuisi keuangan Anda bekerja baik. Anda mampu mencium kemungkinan keberhasilan investasi dengan cerdas. Anda tak suka menilai kekayaan dan uang yang ada di bank semata-mata. Bagi Anda yang lebih penting adalah kekayaan fisik. Karenanya Anda cenderung bergaya hidup gali lubang tutup lubang untuk menutupi hutang-hutang kartu kredit. Jangan bohongi diri sendiri dengan berpikir Anda lebih kaya dari kenyataan yang ada.

Untuk bantuan keuangan, coba temui Scorpio, Virgo, Cancer atau Capricorn.

Keuangan: Jika Anda memiliki ide bagus untuk membangun suatu usaha, carilah pemodal yang dapat mendukung Anda. Baca Cashflow Quadran : Rich Dad’s Guide to Financial Freedom oleh Robert T. Kiyosaki (Wamer Books).

Jika Anda ingin membaca judul artikel sebelumnya, silahkan klik Tips Menyimpan Makanan Agar Tetap Segar dan Fresh. Topik yang serupa dengan artikel Mengenali Kemampuan Mengelola Keuangan Berdasarkan Zodiak ini, Anda dapat temukan dalam kategori DetikLife. Silahkan kunjungi artikel kumpulan DetikLife kami yang lain.

loading...