Manfaat Daging Keong Mas Dan Kandungan Gizinya

Manfaat Daging Keong Mas Dan Kandungan Gizinya – Jangan hanya karena lagu Keong Racun, lalu serta merta beranggapan negatif terhadap binatang keong. Memang, jenis Keong Mas atau Pomacea Canaliculata kerap dianggap hama oleh petani karenamemakan tanaman padi. Binatang bercangkang ini adalah jenis siput sawah dengan warna cangkang keemasan.

manfaat daging keong mas
Daging keong ternyata memiliki banyak kandungan gizi, dagingnya mengandung protein hewani sangat tinggi. Sejak dulu keong sering dimanfaatkan untuk pakan ternak. Namun kini daging keong lazim dikonsumsi masyarakat, malah ada pula yang sudah diolah menjadi penganan lezat. Daging keong dapat diolah menjadi: keripik, kerupuk, tepung, pepes, kecap, tongseng, dan juga sate keong. Dokter Tri Hendro, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara menyebutkan kandungan gizi keong mas sangat tinggi.

Pendapat tersebut diperkuat oleh Dr Ir Sulistiono.MSc, ketua Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB). Menurut beliau, unsur gizi keong mas diketahui mengandung asam Omega 3, 6 dan 9. Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas berkisar antara 16 hingga 50 persen. Protein berperan penting dalam pembentukan sistem kekebalan (imunitas), sebagai antibodi, dan sistem kendali dalam bentuk hormon. Setiap orang dewasa sedikitnya wajib mengonsumsi 1 g protein per kg berat tubuhnya.

Keong juga kaya akan kalsium. Di samping itu juga mengandung zat gizi makronutrien. Berat daging satu ekor keong dewasa dapat mencapai 4-5 gram. Kabar baiknya adalah daging keong jauh lebih murah dibanding daging ayam, kambing, kerbau dan daging sapi. Dan bagi kita yang termasuk umat Muslim, tidak usah khawatir, daging keong ini halal untuk dikonsumsi. KH. Fatkhutozzi, salah seorang pengurus MUI (Majelis Ulama Indonesia) Jepara menyatakan daging keong mas tidak haram. Dari pandangan fiqih, binatang yang tidak bertulang belakang Ini hidup di satu alam, sehingga tidak masalah jika dimakan.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Daging Keong Mas Dan Kandungan Gizinya ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging Kelinci: Obati Asma. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.

Advertisements