Manfaat Daging Kalkun Yang Rendah Kolesterol

Aneka Resep Donat Goreng Spesial

Manfaat Daging Kalkun Yang Rendah Kolesterol – Kalkun adalah sebutan untuk burung berukuran besar dari ordo Galliformes, genus Meleagris. Awalnya jenis unggas ini hanya terdapat di Amerika Utara dan Amerika Tengah. Namun kalkun kemudian banyak diternakkan, yang kemudian tersebar di berbagai negara. Kalkun memiliki nama berbeda di tiap daerah. Inggris mengenalnya dengan nama Turkey, Spanyol dengan nama Pavo, dan orang Italia memanggilnya Taccino. Untuk nama kalkun di Indonesia mengacu pada sebutan Belanda yakni Kalkoen.

Manfaat Daging Kalkun Yang Rendah KolesterolSelama ini daging kalkun selalu diidentikkan dengan perayaan Thanksgiving Day atau pesta panen di Amerika Serikat. Setahun sekali diselenggarakan pesta dengan hidangan kalkun panggang dengan isian menggugah selera yang disajikan bersama kuah kaldu atau saus cranberry.

Mengapa kalkun mendapat tempat spesial di negeri Paman Sam? Usut punya usut, kandungan daging hewan ini ternyata memang bermanfaat. Daging kalkun termasuk rendah kolesterol, 1 ons daging kalkun hanya mengandung 15-24 mg kolesterol, sedangkan 1 ons daging sapi mengandung 20-30 mg kolesterol. Tentu saja ini kabar menggembirakan bagi seseorang yang memiliki kecenderungan berpenyakit jantung atau tekanan darah tinggi.

Dewan Unggas Amerika Serikat juga mempublikasikan bahwa daging kalkun memiliki kandungan protein jauh di atas daging ayam. Itulah sebabnya mengapa daging kalkun sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak pada masa pertumbuhan, atlet, juga oleh siapa pun berkeinginan memiliki otot ramping.

Di samping itu daging kalkun adalah sumber tryptophan. Tryptophan merupakan zat pengatur pola tidur yang baik. Makan sepotong atau dua potong daging kalkun bersama dengan roti gandum atau nasi di waktu sore, dapat membuat tidur malam Anda terasa lebih nyenyak. Mau coba?

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Daging Kalkun Yang Rendah Kolesterol ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging Kalajengking: Sembuhkan Penyakit Kulit hingga Sirosis. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.

loading...