Manfaat Daging Kalajengking: Sembuhkan Penyakit Kulit hingga Sirosis

Manfaat Daging Kalajengking: Sembuhkan Penyakit Kulit hingga Sirosis – Kalajengking (arachnida) telah ada sejak lebih dari 400 tahun lalu. Kala itu, bentuk kalajengking lebih sederhana, tubuhnya terdiri dari banyak ruas yang terlindung cangkang tipis. Ukurannya mencapai 100 kali ukuran sekarang, yaitu sekitar 2-3 meter. Kalajengking memiliki sifat seperti mamalia, yaitu melahirkan anak. Kalajengking memang termasuk kategori hewan berbahaya, karena sengatan mematikan di ujung ekornya.

Manfaat Daging Kalajengking: Sembuhkan Penyakit Kulit hingga SirosisDr. William Adi Teja, MMed. dari klinik Utomo Chinese Medical Center, Jakarta, menyatakan bahwa kalajengking sanggup melancarkan peredaran darah. Di samping itu kalajengking juga mampu menyembuhkan penyakit stroke, jantung, dan Sirosis hati. Namun bukan racunnya yang dipakai untuk mengobati penyakit, melainkan daging bagian ekornya.

Memang secara ilmiah kandungan kimiawi hewan yang dapat hidup hingga 5 tahun ini belum diketahui. Meski begitu dalam teori pengobatan TCM (Traditional Chinese Medicine), kalajengking merupakan salah satu jenis hewan bersama kelabang dan kecoak yang paling banyak digunakan masyarakat Cina untuk pengobatan.
Untuk mengatasi racun yang terkandung di tubuh kalajengking, ada beberapa cara menetralkannya agar dapat dimanfaatkan untuk pengobatan, yaitu dengan merebusnya bersama jahe atau menggorengnya bersama batu tawas seperti di China. Setelah itu, segera dikeringkan atau diblender hingga menjadi bubuk.

Perlu diingat bahwa dosis mengonsumsi bubuk kalajengking tidak boleh lebih dari 2 gram per hari. Bila terlalu banyak, dapat mengakibatkan alergi dan sesak napas. Cukup banyak penderita sembuh dari gangguan penyempitan pembuluh darah setelah sebulan mengonsumsi bubuk kalajengking sebanyak 0,3 gram per hari. Dan dosis tersebut akan diturunkan bila kondisi si penderita sudah mulai membaik.

Untuk penyakit Sirosis hati, bubuk kalajengking bukanlah obat tunggal, tetapi harus diramu dengan pelbagai bahan lain. Ramuannya terdiri dari: 0,2 gram bubuk kalajengking, dicampur dengan ekstrak batok penyu, alang-alang, serta kunyit. Sedangkan minyak kalajengking yang dihasilkan dengan cara menggorengnya ternyata juga ampuh untuk menyembuhkan bermacam penyakit kulit, seperti: kudis, koreng, gatal-gatal, serta eksim. Sayangnya hewan ini tergolong haram bagi umat Muslim.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Daging Kalajengking: Sembuhkan Penyakit Kulit hingga Sirosis ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging Ikan Kakap Laut: Bantu Daya Ingat dan Atasi Penyakit Mata. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.

loading...