Manfaat Daging Ikan Kakap Laut: Bantu Daya Ingat dan Atasi Penyakit Mata

Manfaat Daging Ikan Kakap Laut: Bantu Daya Ingat dan Atasi Penyakit Mata – Kakap laut memang menjadi menu pilihan banyak orang kala menyantap seafood. Dan semua pasti sepakat bahwa masakan kakap laut sangat lezat dan gurih. Tetapi sayang, harganya masih belum terjangkau untuk dikonsumsi sehari-hari meskipun kakap laut relatif banyak di perairan Nusantara.

Manfaat Daging Ikan Kakap Laut: Bantu Daya Ingat dan Atasi Penyakit MataJenis yang paling populer dari ikan ini adalah kakap merah dan kakap putih. Dua jenis ini yang paling banyak diburu penikmat kuliner laut. Tetapi tahukah Anda, disamping kelezatannya, kakap laut ternyata juga memiliki khasiat tertentu? Kakap laut merupakan obat penyembuh alternatif yang banyak berpengaruh terhadap sirkulasi darah. Kakap laut memiliki hormon khusus yang dapat merangsang pengikatan oksigen oleh darah.

Daging kakap laut yang direbus atau digoreng dapat meningkatkan daya ingat dan secara efektif melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, kelelahan dan pegal-pegal akan berkurang. Khusus bagi wanita yang sering mengalami sembelit, daging kakap laut beserta air rebusannya dapat dikonsumsi tiga hari berturut-turut, yaitu menjelang haid dan sehari setelahnya. Untuk menghindari aroma yang mungkin berasa tak sedap bagi sebagian orang dapat dicampur dengan daun sirih 2-3 helai ke dalam rebusan.

Bahkan daging kakap laut juga dapat membantu mengencangkan kulit, khususnya bagi wanita di atas 30 tahun. Caranya, sekitar 150 gram daging kakap direbus bersama biji cengkeh 3-5 buah hingga mendidih, lalu daging sekaligus air rebusannya bisa langsung dikonsumsi.

Selain daging, ada beberapa bagian kakap laut yang berkhasiat. Pertama, sirip kakap bagian atas yang berduri dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan kelumpuhan ringan. Tulang sirip ini mengandung kalsium dan fosfor dalam takaran yang sesuai untuk memulihkan kekuatan tulang. Tulang sirip dipotong-potong dan direndam dalam air garam selama 15-20 menit. Sctelahnya, tiriskan dan rebus hingga mendidih, Air rebusan sirip kakap dapat diminum tiap menjelang tidur. Kedua, insang kakap temyata mujarab bagi penderita batuk kronis yang dahaknya hingga mengandung darah. Cara memprosesnya dengan mengukus atau merebusnya, kemudian insang bisa langsung dimakan sampai habis. Ketiga, otak kakap juga bermanfaat. Otak kakap dipercaya baik untuk kesehatan mata. Dengan kandunan protein yang sangat tinggi, otak kakap dapat menajamkan penglihatan mata yang kabur.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Daging Ikan Kakap Laut: Bantu Daya Ingat dan Atasi Penyakit Mata ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging Kadal: Atasi Asma. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.

loading...