Unsur Makanan Sehat Yang Penting Untuk Ibu Hamil

Membiasakan diri untuk makan makanan sehat dan teratur bermanfaat untuk ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Makan bergizi cukup dan seimbang dengan unsur bahan pangan yang bervariasi merupakan dasar bagi kesehatan ibu dan janin.

Unsur Makanan Sehat Yang Penting Untuk Ibu Hamil
Selain makanan olahan yang bergizi lengkap, Anda pun membutuhkan berbagai jenis makanan segar yang tidak diolah terlalu lama atau diawetkan. Unsur makanan sehat ini bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, sayuran, kacang-karangan, telur, serta yogurt.

Disarankan untuk sesedikit mungkin mengkonsumsi produk makanan pangan yang diawetkan, karena seringkali sarat dengan berbagai zat tambahan yang tidak sehat untuk tubuh Anda dan untuk calon bayi Anda. Banyak jenis zat tambahan yang berbahaya bagi pertumbuhan dan kesehatan janin. Bahkan beberapa diantaranya dikaitkan dengan cacat kelahiran dan hiperaktivitas pada anak.

Sumber makanan bergizi yang ibu hamil butuhkan untuk mempertahankan kesehatan tubuh sehari-hari dan bagi kesehatan pertumbuhan janin adalah:

1. Protein, zat pembentuk tubuh. Sumbernya antara lain Ikan, daging, keju. telur, susu, yogurt, kacang-kacangan, tahu, tempe, oncom.

2. Karbohidrat sumber tenaga. Sumber karbohidrat meliputi serealia (beras, jagung, gandum, dan sebagainya), umbi- umbian (kentang, ubi, singkong, dan sebagainya), mie, bihun, serta makaroni.

3. Vitamin, pengatur metabolisme tubuh. Sebenarnya, jika Anda sudah mengatur pola makan secara sehat dan bervariasi ulama hamil, mungkin saja Anda tak membutuhkan tambahan Vitamin lagi. Tetapi jika tidak, kekurangan salah satu jenis vitamin akan berakibat buruk bagi bayi Anda. Oleh karenanya. pastikanlah bahwa Anda telah mengkonsumsi jenis pangan yang tepat sebagai sumber vitamin yang bermanfaat.

4. Vitamin A. Ada dalam minyak ikan, ginjal, hati, kuning telur dan produk lain dan ternak, sayur-sayuran hijau, buah- buahan berwarna kuning kemerahan seperti pepaya, mangga, tomat, labu kuning dan sebagainya.

5. Vitamin B kompleks, untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung berfungsi normal. Makanlah biji-bijian, roti, hati, makanan yang mengandung ragi, sayur-sayuran hijau, daging, ikan, telur, keju, aipokat, pisang, kerang- kerangan.

6. Vitamin C, untuk mencegah infeksi. Makanlah buah-buahan seperti jeruk, pepaya, tomat serta buah-buahan lain, cabai hijau, kembang kol dan sayuran hijau.

7. Vitamin D, untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi Anda. Sumber vitamin ini ada pada minyak hati ikan, ikan yang berlemak, kuning telur, susu dan produk susu serta ragi.

8. Vitamin E, untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Makanlah lembaga biji-bijian terutama gandum, kacang-kacangan, minyak sayur dan sayuran hijau, kuning telur, dan alpokat.

9. Mineral, terutama zat besi, kalsium, dan seng. Jenis pangan yang merupakan sumber zat besi adalah hati, telur serta sayur-sayuran hijau. Zat besi sangat berperan dalam membentuk sel darah merah yang sehat. Kalsium ada pada keju, susu dan yogurt, berfungsi membentuk tulang-belulang dan gigi. Sedangkan seng ada pada aneka sea food, daging, hati dan telur yang bermanfaat bagi pertumbuhan sel dan kesuburan.

Tentunya tidak semua makanan itu sehat, karena ada jenis bahan pangan yang mengandung zat yang kurang baik bagi kesehatan, bahkan berbahaya bagi sehatnya janin. Misalnya saja kafein yang terkandung dalam kopi, teh dan minuman soda. Walaupun belum ada bukti mutlak bahwa kafein berbahaya bagi janin, namun banyak dokter berpendapat demikian. Oleh karenanya batasilah diri Anda dalam mengkonsumsi teh, kopi dan soda. Lebih baik bila Anda meningkatkan konsumsi sari buah segar yang merupakan sumber vitamin dan mineral.

Jika Anda ingin membaca judul artikel sebelumnya, silahkan klik Tips Masa Awal Kehamilan: Agar Janin Tumbuh Sehat.

Topik yang serupa dengan artikel Unsur Makanan Sehat Yang Penting Untuk Ibu Hamil ini, Anda dapat temukan dalam kategori Kehamilan. Silahkan kunjungi kumpulan artikel tentang Ibu Hamil kami yang lain.

loading...