Manfaat Sirip Hiu: Untuk Stamina Pria Hingga Kanker

Manfaat Sirip Hiu: Untuk Stamina Pria Hingga Kanker – Di dalam rantai makanan ekosistem laut, ikan hiu bisa menduduki tingkat konsumen puncak (top level) sebagai pemangsa yang penting untuk keseimbangan ekosistem laut. Ikan ini sangat peka terhadap unsur darah yang larut di dalam air, hingga sanggup menemukan mangsa yang terluka dengan mudah.

Manfaat Sirip Hiu: Untuk Stamina Pria Hingga KankerNamun, kini hiu telah menjadi salah satu kuliner laut dengan harga yang lumayan tinggi. Daging hiu memang telah menjadi santapan istimewa elit sejak dulu. Di Cina misalnya, sirip ikan hiu dijadikan menu wajib bagi kalangan istana sejak dinasti Ching. Dan kini harga semangkuk sup sirip hiu dapat mencapai ratusan dollar Amerika di berbagai restoran seafood dunia.

Lalu kenapa hiu menjadi menu kuliner, terutama siripnya? Hiu memang tidak sekadar menjadi santapan mahal karena kelezatannya tetapi karena banyak orang yang percaya akan khasiat hiu. Serat daging hiu lebih keras dibanding ikan tuna. Daging ikan hiu kaya akan Omega 3 dan Omega 6. Kandungan ini memang ada di setiap ikan laut, tetapi untuk ikan hiu kandungannya lebih banyak. Banyak yang percaya bahwa daging ikan hiu, terutama sirip bagian punggungnya, mampu meningkatkan vitalitas pria. Kandungan proteinnya tinggi hingga tepat bagi laki-laki karena dapat membuat tubuh lebih fit.

Namun untuk memprosesnya ternyata tidak boleh sembarangan. Pemotongan sirip hiu harus dilakukan secara hati-hati agar diperoleh sirip yang berkualitas tinggi. Sirip dipotong tanpa menyertakan dagingnya. Sirip yang baru dipotong ini juga tidak boleh langsung diolah. Tetapi sirip hiu harus diawetkan dulu dengan cara pengeringan, pembekuan, pengapuran, atau penggaraman.

Selain sirip, banyak bagian dari hiu yang berkhasiat. Diketahui darah hiu digunakan dalam bidang kedokteran sebagai anti-koagulan; tulang rawan hiu yang mengandung protein, kalsium, fosfor, karbohidrat, air, serat, lemak, serta komponen alamiah lain ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan rematik (telah terbukti dengan uji medis di Universitas Harvard Amerika).

Hati hiu juga dipercaya memiliki multi khasiat. Hal ini bukan sekedar mitos, tetapi telah diuji secara medis di Jepang. Hati hiu mampu mengeluarkan minyak yang memiliki kandungan yang disebut squalane. Kandungan squalane ini sanggup menyembuhkan penyakit lever, diabetes melitus (menyeimbangkan kadar gula darah), tukak lambung dan usus duabelas jari, kanker, serta jantung. Di samping itu squalane mampu meningkatkan ketahanan tubuh (menjaga stamina), berfungsi sebagai disinfektan pada luka, menghilangkan pegal linu, serta sebagai pelembab pelicin dan penghalus kulit.

Cara mendapatkan minyak hati ikan hiu yang berwarna putih mengkilap atau terkadang berwarna abu-abu ini sangat sederhana. Kita cukup memanaskannya di atas bara api saja dan dalam beberapa menit hati ikan hiu akan cair berubah menjadi minyak (squalene). Setelah mendapatkan squalene, ambil 7 tetes minyak tersebut dan campurkan dalam air putih setengah gelas. Tertarik untuk mencoba?

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Sirip Hiu: Untuk Stamina Pria Hingga Kanker ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging Ikan Gurami: Panjangkan Usia. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.

Advertisements