Tips Masa Awal Kehamilan: Agar Janin Tumbuh Sehat

Tips Masa Awal Kehamilan: Agar Janin Tumbuh Sehat – Kalau Anda ingin sehat selama masa hamil seyogyanya Anda mempersiapkan diri sejak dini. Caranya, berobat jika Anda sakit, berolah raga untuk menjaga kebugaran, makan makanan bergizi serta mengubah kebiasaan yang buruk bagi kesehatan.

Tapi walaupun demikian, tidak ada istilah terlambat untuk mempersiapkan diri dalam masa awal kehamilan. Anda dapat memulai sekarang, meskipun yang paling ideal adalah menyiapkan diri kurang lebih enam bulan sebelum hamil.
Tips Masa Awal Kehamilan Agar Janin Tumbuh Sehat
Dalam minggu-minggu pertama usia kehamilan, janin yang tumbuh dalam rahim Anda sedang dalam keadaan yang paling peka. Pada masa-masa ini anggota-anggota tubuh utamanya, seperti jantung, otak, tulang belakang, mata, kaki serta tangan sedang dibentuk.

Cara hidup yang sehat bukan hanya berlaku untuk diri Anda sendiri, tetapi juga suami. Agar janin dalam kandungan sehat, selain sel telur harus sehat, sperma pun sebaiknya sama sehatnya. Hal ini dapat tercapai, bila kebiasaan buruk seperi merokok, minum minuman beralkohol, berada di lingkungan berpolusi, dan pola makan yang buruk segera Anda hindari. Semakin sehat dan kuat Anda berdua, semakin besar pula kesempatan Anda untuk mengalami kehamilan yang menyenangkan, janin yang sehat, proses melahirkan yang mudah serta memiliki bayi yang normal dan sehat.

Hindari Lingkungan Yang Tidak Sehat

Seorang ibu yang sudah hamil maupun yang baru merencanakan untuk hamil, sebaiknya pindah hidup dalam lingkungan yang sehat. Hati-hati terhadap pengaruh zat-zat kimia serta radiasi di sekitar Anda yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan janin Anda. Terutama jika Anda bekerja dengan menggunakan bahan-bahan kimia, atau mesin yang mengeluarkan radiasi walaupun berkadar rendah. Suatu laporan Asosiasi Kimia di Inggris pada tahun 1984 mengungkapkan adanya kaitan antara beberapa bahan kimia tertentu dengan cacat bawaan bayi dan ibu yang bekerja dengan bahan tersebut.

Hal yang sama juga berlaku bagi suami Anda, karena sperma suami dapat rusak kalau berdekatan dengan bahan kimia atau radiasi yang berbahaya.

Hindari Zat-zat Yang Berbahaya

Timah (terutama timah hitam) merupakan salah satu bahan bahaya. Timah biasanya terdapat dalam air yang disalurkan lewat pipa besi. Timah yang terkandung dalam pipa besi akan tercampur dengan air yang Anda konsumsi.Timah pun dapat berasal dari asap knalpot kendaraan bermotor, asap rokok, benda cetakan (majalah, koran dan sebagainya) serta beberapa jenis cat. Timah dapat menyebabkan cacat bawaan bahkan mungkin kematian janin dalam kandungan.

Kalau keuangan Anda cukup, lebih baik mengganti pipa air tersebut dengan pipa plastik (paralon). Atau Anda dapat menggunakan air mineral yang banyak dijual di pasaran. Ada juga suatu cara yang mudah dan murah untuk menghindari timah dalam air minum Anda. Kalau Anda membuka kran air, jangan langsung Anda tampung airnya untuk dimasak, namun biarkan terbuang beberapa waktu kemudian barulah Anda tampung. Dan selalu ingat untuk memasak air sampai mendidih.

Makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, keju dan sayuran hijau, serta zat besi yang terdapat dalam daging dan hasil laut dapat membantu menyerap timah dan mengurangi kadar logam beracun ini sampai pada tingkat yang dapat diterima oleh tubuh Anda.

Alkohol merupakan suatu bahaya lain bagi janin. Cairan ini kalau dikonsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan cacat bawaan yang dikenal dengan sindroma alkohol. Karena belum diketahui tingkat alkohol yang aman, lebih baik Anda hindari penggunaan alkohol, terutama pada minggu-minggu pertama masa kehamilan. Minuman yang mengandung alkohol dapat mengakibatkan bayi Anda lahir dengan berat badan rendah serta tingkat perkembangan yang rendah pula. Kebanyakan bayi yang lahir dengan sindroma alkohol anggota tubuhnya tidak sempurna, begitu juga persendian dan wajahnya.

Hentikan kebiasaan merokok jauh sebelum Anda hamil. Bahan kimia beracun lewat rokok masuk ke dalam paru-paru dan ikut peredaran darah yang akan diteruskan kepada janin melalui ari-ari. Bahaya yang ditimbulkan cukup fatal, yaitu rusaknya ari-ari sehingga mengganggu arus makanan dan oksigen yang sangat dibutuhkan bayi. Merokok juga dapat menyebabkan Anda mengalami keguguran atau melahirkan bayi lebih cepat dari waktunya, sehingga berat bayi yang lahir pun rendah.

Kurangi Stres

Mengurangi stres apapun dalam kehidupan Anda dan mengusahakan waktu untuk bersantai merupakan hal yang baik bila Anda ingin hamil. Sempatkan dan carilah waktu setiap hari untuk berolahraga. Istirahat di depan televisi tidak akan berarti santai bila pikiran Anda dipenuhi hal-hal yang mengkhawatirkan sepaniang hari. Bila Anda selalu dipenuhi pikiran stres, tariklah napas dalam-dalam selama sepuluh menit sehari dan lakukan latihan relaksasi. ©ω¡ηα

Lakukan Check Up dan Imunisasi Sebelum Hamil

Kalau tubuh Anda sehat, hampir dapat dipastikan bayi yang Anda kandung pun sehat pula. Bila Anda khawatir akan kesehatan Anda, sebaiknya menjalani pemeriksaan yang lengkap (general check up). Yang paling penting ialah memastikan apakah Anda pernah menderita campak Jerman, cacar air serta herpes.

Bila Anda menderita penyakit ini pada bulan pertama kehamilan, hal itu dapat menyebabkan bayi lahir tuli, buta atau jantungnya lemah. Imunisasi campak sebaiknya dilakukan paling tidak tiga bulan sebelum Anda hamil. Selain campak, sebaiknya Anda pun mendapat imunisasi tetanus. Banyak sekali terjadi bayi meninggal beberapa hari setelah dilahirkan, karena terkena tetanus. Imunisasi tetanus dapat Anda jalani satu bulan sebelum melahirkan, sehingga bayi yang akan lahir menjadi kebal.

Topik yang serupa dengan artikel Tips Masa Awal Kehamilan: Agar Janin Tumbuh Sehat ini, Anda dapat temukan dalam kategori Kehamilan. Jika Anda ingin membaca artikel tentang kumpulan nama bayi, silahkan klik disini untuk Nama Bayi Laki Laki dan disini untuk Nama Bayi Perempuan. Silahkan kunjungi kumpulan artikel tentang Ibu Hamil kami yang lain.

loading...