Manfaat Daging Ikan Gurami: Panjangkan Usia

Manfaat Daging Ikan Gurami: Panjangkan Usia – Gurami bernama ilmiah Osphronemus Goramy merupakan sejenis ikan air tawar yang berhabitat asli di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan ini sangat popular di Indonesia dan kerap menjadi menu ikan andalan di berbagai restoran. Bentuknya lebar dan pipih. Gurami dewasa bisa mencapai panjang 1.000 mm.

Manfaat Daging Ikan Gurami: Panjangkan UsiaDalam sebuah tulisan Prof. DR. Ir. Made Astawan, MS, seorang dosen Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi,IPB, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik. Ikan gurame yang menjadi salah satu jenis ikan dengan kandungan protein tinggi tentunya sangat baik untuk dikonsumsi. Protein dalam ikan memiliki keunggalan dibanding dengan produk lain yakni komposisi asam aminonya lebih lengkap dan mudah dicerna tubuh. Selain kaya gizi ikan ini juga bisa dijadikan pilihan tepat untuk diet.

Salah satu peran protein adalah sebagai zat pembangun, zat ini akan membentuk jaringan baru di dalam tubuh. Ini sangat baik bagi anak pada usia pertumbuhan. Selain itu, protein juga berperan sebagai penghasil energi. Rendahnya asupan kalori-protein pada anak balita akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak. Usia balita disebut juga periode “the golden age” dimana sel-sel anak manusia sedang berkembang pesat. Pada tahap otak membutuhkan suplai protein hewani yang cukup supaya berkembang secara optimal.

Protein pun mampu memperpanjang usia. Guru Besar Ilmu Produksi Ternak Universitas Nasional Seoul, Korea Selatan, Prof. I.K Han pernah menganalisis adanya kaitan positif antara tingkat konsumsi protein hewani dengan umur harapan hidup (UHH) dan pendapatan perkapita. Menurutnya, semakin tinggi konsumsi protein hewani penduduk, semakin tinggi umur harapan hidup dan pendapatan domestik brutto (PDB) suatu negara.

Namun, untuk mendapatkan gizi maksimal dari daging gurami, baiknya diolah dengan cara rebus atau panggang, tak perlu digoreng. Setelah kita cukup paham tentang manfaat protein, tak perlu ragu lagi dalam, menghidangkannya untuk keluarga.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Daging Ikan Gurami: Panjangkan Usia ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging Ikan Gabus: Menyembuhkan Luka hingga Penyakit Autis. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.

loading...