Manfaat Daging Ikan Gabus: Menyembuhkan Luka hingga Penyakit Autis

Manfaat Daging Ikan Gabus: Menyembuhkan Luka hingga Penyakit Autis – Nama latinnya Channa Striata, nama ini memang serasa asing di telinga kita. Tetapi jika mendengar sebutan umumnya, seperti: haruan, kocolan, bogo, bayong, Iicingan, atau kutuk, banyak orang pasti langsung mengenali ikan air tawar ini. Ya, itulah spesies yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama ikan gabus.

Manfaat Daging Ikan Gabus: Menyembuhkan Luka hingga Penyakit AutisSejak dahulu ikan gabus dipercaya memiliki khasiat sebagai obat penyembuh. Daging ikan gabus ternyata dapat mempercepat penyembuhan luka, hingga banyak dianjurkan untuk dimakan bagi pasien pasca operasi, luka bakar, atau ibu-ibu yang sehabis melahirkan. Mengapa gabus bermanfaat? Ternyata ikan ini mengandung protein tinggi yang disebut albumin. Zat ini merupakan jenis protein terbanyak dalam plasma yang mencapai kadar 60%. Menurut ilmu kedokteran, albumin berfungsi untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah atau rusak. Albumin juga berperan mengikat obat-obatan serta logam berat yang tak mudah larut dalam darah.

Tidak hanya sekadar mempercepat penyembuhan luka, tetapi ikan gabus yang memiliki kadar albumin juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti : hepatitis, TBC/ infeksi paru, nephrotic syndrome, tonsilitis, tifus, diabetes, patah tulang, stroke, thalasemia minor, oedem (pembengkakan), bahkan sampai penyakit autis. Beberapa pasien yang menderita pelbagai penyakit tersebut setelah diberi asupan ikan gabus mengalami proses penyembuhan yang baik.

Di beberapa tempat, ikan gabus mudah didapatkan baik secara langsung (gabus liar) atau mungkin membelinya di beberapa penjual ikan. Ikan gabus bisa saja langsung diolah, baik digoreng atau dimasak dengan cara lain. Tetapi jika tidak terlalu suka, ikan gabus juga bisa dijadikan ekstrak/bubuk. Untuk anak-anak, ekstrak ikan gabus dapat diubah menjadi biskuit. Bagi orang dewasa, ekstrak gabus bisa juga dimasukkan ke dalam kapsul. Produk kapsul ikan gabus yang cukup dikenal misalnya Pujimin Kapsul. Selain kapsul, bubuk/ekstrak ikan gabus juga diedarkan dalam bentuk kemasan/ bungkus, misalnya yang bermerek Sari Mina. Dosis yang dianjurkan untuk penyembuh adalah 100-150cc per hari, atau 2-3 bungkus kecil (@ 50cc) perhari.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Daging Ikan Gabus: Menyembuhkan Luka hingga Penyakit Autis ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Daging Cumi: Hajar Tumor. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.

About these ads