Manfaat Ikan Cakalang: Kerabat Tuna Berdaya Guna

Manfaat Ikan Cakalang: Kerabat Tuna Berdaya Guna – Cakalang atau Katsuwonus Pelamis adalah ikan berukuran sedang, ikan jenis ini termasuk dari familia Scombridae. Cakalang adalah kerabat Tuna, kebanyakan berukuran sekitar 50 cm, namun bisa juga mencapai panjang tubuh 1 m dengan berat lebih dari 18 kg. Ikan ini bernilai komersil tinggi, kerap dijual dalam bentuk segar, beku, atau diproses sebagai ikan kaleng, ikan kering, juga ikan asap. Dalam bahasa Jepang, cakalang disebut katsuo. Biasanya cakalang diproses untuk pembuatan katsuobushi, yakni bahan utama dashi (kaldu ikan) untuk masakan Jepang.

manfaat ikan cakalang
Ikan laut mengandung banyak zat yang kaya manfaat. Di antaranya adalah Omega 3 dan Omega 6, yakni asam lemak tak jenuh yang berfungsi meningkatkan kecerdasan otak, melenturkan pembuluh darah, menurunkan kadar trigliserida, dan mencegah penggumpalan darah. Hasil sebuah penelitian terbaru menyebutkan, bahwa mengonsumsi ikan turut berperan mencegah munculnya beragam jenis kanker. Ikan Cakalang juga diketahui memiliki kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang cukup tinggi.

Kandungan asam lemak Omega 3 dalam ikan laut juga berperan dalam melindungi jantung. Salah satunya adalah mencegah timbulnya Fibrilasi Atial (FA), yakni jenis gangguan irama jantung yang kerap terjadi pada orang tua. Hal ini termuat dalam jurnal Circulation, sebuah jurnal kesehatan terkemuka tahun 2004.

Berbagai studi kesehatan sepakat bahwa ikan laut benar-benar bersahabat dengan organ jantung. Hingga saat ini sudah lebih dari 5.000 publikasi penelitian di dunia melaporkan manfaat menu ikan laut terhadap kesehatan jantung. Salah satu studi dilakukan dua peneliti Denmark pada 1970. Mereka menemukan fakta bahwa kasus kematian orang Eskimo akibat penyakit jantung koroner (PJK) Cukup rendah, padahal mereka gemar mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Namun rupa-rupanya orang Eskimo juga mempunyai kebiasaan menyantap daging ikan laut.

Tidak hanya itu, Profesor Daan Krommhout, dari Institute Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Belanda, turut menjelaskan berbagai manfaat asam lemak Omega 3 yang terdapat pada ikan. Sebagai contoh adalah orang-orang Jepang dan kutub utara, dimana statistik menunjukkan bahwa dua wilayah ini memilki tingkat kematian paling rendah akibat penyakit jantung.

Pengolahan ikan, disarankan jangan digoreng. Cobalah untuk menggunakan cara lain, misalnya dikukus atau bisa juga ditim. Soalnya, kandungan Omega 3 dalam ikan akan hilang jika terkena panas berlebihan. Selain itu, zat dalam minyak goreng juga kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Kita juga wajib teliti dalam membeli ikan, jangan asal comot, kenalilah ciri-ciri ikan segar untuk mendapatkan manfaat maksimal. Pertama, mata ikan segar, terang, bening menonjol, dan cembung. Kedua, insangnya berwarna merah sampai merah tua, terang-cerah, beraroma segar, juga tidak berlendir. Ketiga, sisik ikan masih utuh, belum banyak yang hilang, melekat kuat dan mengkilat. Keempat, aroma ikan masih segar. Kelima, saat ditekan, daging ikan terasa kenyal dan teksturnya akan cepat kembali seperti semula.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Cakalang: Kerabat Tuna Berdaya Guna ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Cacing tanah: Penghancur Tifus. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan Terbaru kami yang lain.