Perkembangan Kecantikan dan Zaman ke Zaman

Perkembangan Kecantikan dan Zaman ke Zaman – KECANTIKAN KERAP DIIDENTIKKAN dengan alat-alat kosmetik. Sejak ribuan tahun Sebelum Masehi, alat-alat itu sudah dikenal dan digunakan untuk merias. Dulu penggunaannya tidak seumum sekarang. Hanya orang-orang tertentu dan golongan atas saja yang bisa memakainya sebagai identitas diri.

kecantikan
Pernah dengar nama Ratu Cleopatra? Dia adalah pharaoh termasyhur dan Mesir yang menjadi simbol perempuan tercantik pada masanya. Cleopatralah yang memperkenalkan pemakaian lipstik yang membuat bibirnya berwarna merah. Konon, warna itu diperoleh dan sejenis kumbang Carmine.

Tak hanya lipstik, pada 10.000 SM Mesir sudah mengenai penggunaan minyak wangi dan salep untuk menutupi bau badan, membersihkan, serta melembutkan kulit. Penggunaan henna (pewarna alami dan tumbuhan) untuk mewarnai kuku, rambut, dan tubuh juga telah dilakukan. Semakin pucat warnanya, semakin rendah status sosialnya. Mereka juga sudah memakai eyeliner untuk mempertegas bentuk mata dan pensil alis untuk merapihkan bentuk alis. Uniknya, alat – alat kosmetik tu tidak hanya dipakai oleh kaum perempuan, tapi juga kaum pria! Sementara itu, di China, orang-orang mulal mengenal bedak untuk membuat kulit menjadi putih dan halus. Saat itu bedak masih dibuat dan bahan-bahan sederhana dan alami.

Tak hanya di Mesir dan China, pada 1500-an atau zaman Renaisance, perempuan-perempuan di Eropa sudah menggunakan blush on untuk membuat rona di pipi mereka. Seabad kemudian, pada zaman Ratu Elizabeth I, lipstik dibuat dan paduan lilin lebah dan pewarna merah.

Pada abad ke-19 pada era Victoria, terjadi kebangkitan industri dunia. Momen itu menghapus prinsip alat kosmetik yang hanya digunakan oleh golongan berada. Setiap orang akhirnya bisa memakai kosmetik dan menjadikannya sebagai salah satu kebutuhan pokok kaum perempuan.

Abad ke-19 juga menjadi momen munculnya beragam inovasi produk kosmetik modern. Eugene Rimmel memperkenalkan maskara sebagai alat kosmetik untuk menebalkan dan memanjangkan bulu mata sehingga tampak lentik. Sementara itu, T. L Williams menemukan maskara modern yang terbuat dan debu batu bara yang dicampur dengan petroleum jelly pada 1912. Pada 1915, produsen kosmetik mulai memperkenalkan lipstik berkemasan modern dengan model push up. Lipstik pun makin populer penggunaannya pada 1921 karena gencar dipakai industri film sebagai pewarna bibir kaum perempuan.

Topik yang serupa dengan artikel Perkembangan Kecantikan dan Zaman ke Zaman ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tips Kecantikan.

Jika Anda ingin membaca kumpulan artikel tentang hewan yang berkhasiat dalam pengobatan, silahkan klik Manfaat dan Khasiat Hewan untuk kesehatan. Silahkan kunjungi artikel Tips Kecantikan kami yang lain.

Advertisements