Mitos Seputar Perkembangan Bayi

Mitos Seputar Perkembangan Bayi – Dengan pengetahuan yang cukup Anda dapat meminimalkan kesalahan dalam merawat buah hati Anda. Mempercayai kebiasaan dari adat ataupun mitos-mitos yang selama ini dianggap sebagai tindakan yang paling benar harus selalu Anda bandingkan dengan sudut pandang kesehatan. Semuanya itu ditujuankan agar perkembangan bayi normal dan sehat.

Mitos Memandikan Bayi

Ada mitos yang mengatakan memandikan bayi dengan air dingin dapat membuat bayi lebih kuat daya tahan tubuhnya. Mitos ini tentu saja tidak benar. Itu sebabnya sebelah lahir orang tua membedong bayinya. Sesungguhnya air dingin dapat membuat pembakaran dan metabolisme tubuh bayi meningkat. Sehingga makanan di dalam tubuh bisa habis untuk mengatur suhu tubuh. Bayi bisa kehabisan tenaga dan akhirnya menjadi mudah sakit. Bayi harus mandi dengan air hangat. Jangan berlama-lama memandikan bayi dan usahakan si kecil langsung dalam keadaan hangat sebelah mandi.

perkembangan bayi

Mitos Bayi Berliur

Sangat wajar bila bayi berliur. Sebab hingga usia bayi 4 tahun, akan aktif memproduksi air liur. Tapi bila air liur berlebihan, kemungkinan terjadi peradangan atau infeksi di rongga mulut. Air liur juga menjadi tanda-tanda bila bayi akan tumbuh gigi. Air liur pada bayi bukan terjadi akibat keinginan ibu waktu mengandung tidak terpenuhi.

Mitos Bayi Mengompol

Sampai usia di atas dua tahun, wajar saja jika masih ngompol. Karena kontrol air seninya belum berfungsi sempurna. Meskipun demikian, mengajarkan bayi buang air lebih dini akan lebih baik, sehingga di usia dua tahunan ia sudah bisa mengontrol kandung kemihnya. Bila sampai usia di atas dua tahun masih mengompol, waspadai kemungkinan masalah biologis atau psikologisnya.

Mitos Mengempeng

Banyak orang yang beranggapan anak ngempeng itu wajar. Masih bisa dikatakan wajar jika dilakukan oleh anak di bawah dua tahun. Di atas usia dua tahun anak yang kecanduan mengempeng, baik itu menggunakan empeng (dot) atau dengan ibu jarinya, bisa mengalami gangguan psikologis. Usahakan mengalihkan kegiatan anak untuk melatihnya berhenti mengempeng.

Mitos Anak Berkeringat

Anggapan bahwa anak yang selalu dan banyak berkeringat itu sehat tidaklah benar. Sebenarnya keringat yang keluar berlebihan itu bukan pertanda sehat. Namun ada gangguan tertentu, misalnya stres, fungsi kelenjar gondok yang berlebihan, rendahnya kadar gula, dan berat badan yang berlebih. Sebaiknya Anda waspada jika keringat buah hati Anda berlebihan.

Demikian pembahasan mengenai Mitos Seputar Perkembangan Bayi. Jika Anda tertarik mengenai informasi seputar imunisasi bayi silahkan membaca artikel Imunisasi & Vaksinasi Yang Wajib Untuk Bayi Beserta Jadwalnya. Topik yang serupa dengan artikel ini, Anda dapat temukan dalam kategori Perkembangan Bayi. Silahkan kunjungi kumpulan artikel Perkembangan Bayi kami yang lain.

Advertisements