Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Masa Depan Anak

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Masa Depan Anak – Penelitian menunjukan bahwa tahun-tahun awal pengembangan anak merupakan hal yang sangat penting. Pendidikan usia dini dapat dilakukan sejak umur 5 tahun. Pada usia ini, 75% dari otak anak sedang berkembang. Perkembangan ini terus melaju secara dramatis dengan memproduksi miliaran sel dan ratusan triliun koneksi dalam otak.

Perkembangan otak anak bergantung pada orang tua mereka sendiri, dan anak yang masuk ke sekolah yang kaya akan pengalaman akan memperkuat pengembangan koneksi otak. “85% dari siapa anda, bagaimana kecerdasan anda, kepribadian anda, kemampuan dan sosial anda dikembangkan sejak anda usia 5 tahun. Maka haruskah orang tua dan para guru berinvestasi dimana mereka mengetahui bahwa hal ini akan memberikan perbedaan yang berarti.
pendidikan anak usia dini
Penelitian telah menunjukan efek langsung dari pendidikan pre-school untuk anak-anak di tahun kelima kehidupan mereka. Anak-anak diibaratkan seperti spons, mereka direndam dalam pengetahuan dan akan terus belajar setiap harinya. Hal ini penting untuk menanamkan gagasan pendidikan dan pembelajaran pada anak-anak dari usia yang sangat dini, bahkan sebelum mereka mulai pre school. Ini membantu pikiran mereka untuk mengembangkan minat belajar dan mempersiapkan mental mereka untuk menghadapi sekolah formal setelahnya. Hal ini penting untuk dilakukan untuk memperkenalkan anak anda agar bisa membangun keterampilan pra sekolah dan pembelajaran intelektual yang membangun dasar yang kuat yang akan berlangsung seumur hidup.

Sebuah program pendidikan pra sekolah dirancang dengan baik untuk menghasilkan peningkatan jangka panjang dalam keberhasilan sekolah, yang meliputi nilai tes prestasi yang lebih tinggi, tingkat yang lebih rendah dari retensi kelas dan pencapaian pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian juga menunjukan bahwa mulai belajar sejak dini akan meningkatkan kinerja anak selama mereka bertahun-tahun di SD dan secara dramatis mengurangi tingkat dropout pada perguruan tinggi atau tingkat putus sekolah dan telah menunjukan produktivitas yang baik pada orang dewasa.

Ide awal pendidikan juga bisa diperkenalkan kepada anak dengan membaca setiap hari. memperkenalkan membaca pada anak sejak dini akan membantu mereka mempersiapkan pendidikan mereka di TK. Mulailah dengan memperkenalkannya pada huruf abjad. Kemudian mengajarkan anak anda suara atau vokal dari setiap huruf. Carilah buku yang menarik sehingga anak anda mau membacanya setiap hari. Ini akan membuat belajar membaca menjadi lebih menyenangkan.

Belajar membaca sejak dini sangat penting bagi kita untuk menjadi seorang pembaca yang baik nantinya. Penelitian menunjukan bahwa pendidikan sejak dini akan menguntungkan anak di sekolah. Anak-anak yang mulai belajar membaca sebelum kelas pertamanya akan menjadi “pemimpin” dalam membaca dan memahami apa yang ia baca. Belajar membaca sejak dini juga memungkinkan anak menjadi lebih unggul dalam pelajaran akademik lainnya.

Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sejak dini untuk anak-anak dapat menghasilkan substansi pendidikan, sosial, ekonomi dan manfaat dari pendidikan itu sendiri. Ini menjadi catatan bagi pemerintah untuk menjamin kualitas pendidikan untuk semua anak.

Topik yang serupa dengan artikel Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Masa Depan Anak ini, Anda dapat temukan dalam kategori DetikLife.

Jika Anda ingin membaca artikel tentang nama bayi, silahkan klik disini untuk Nama Bayi Laki Laki dan disini untuk Nama Bayi Perempuan. Silahkan kunjungi artikel kumpulan DetikLife kami yang lain.

Advertisements