Manfaat Belalang Kayu Yang Kaya Protein

Manfaat Belalang Kayu Yang Kaya Protein – Selama ini Belalang Kayu atau Melanoplus Cinereus lebih sering dikenal sebagai hama perusak tanaman. Namun serangga ini ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Idealnya demi kesehatan tubuh, seorang dewasa sedikitnya wajib mengonsumsi 1 gr protein per kg berat tubuh seseorang setiap hari. Selain mengganggu kesehatan, kekurangan protein juga bisa mengakibatkan rambut rontok.

Kadar protein dalam Belalang Kayu dapat mencapai 62.2 persen. Jenis protein pada belalang sama dengan protein hewani yang biasa terdapat dalam daging, telur, dan susu. Protein hewani inilah yang nantinya memberikan manfaat terhadap pertumbuhan sel-sel organ tubuh. Selain itu juga dapat membantu pembentukan otak manusia serta membentuk sel darah merah menjadi lebih kuat hingga tidak mudah pecah.

Manfaat Belalang Kayu Yang Kaya ProteinBelalang Kayu dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Bahkan di Gunung Kidul, Yogyakarta, belalang menjadi makanan khas daerah yang kerap dicari para perantau maupun wisatawan. Bagi masyarakat Gunung Kidul, berburu belalang juga telah menjadikan lapangan pekerjaan tersendiri bagi mereka. Biasanya para penduduk menjual belalang di pinggir jalan pada sore hari. Belalang itu direnteng dalam jumlah banyak dan ditusuk menggunakan lidi panjang, satu renteng bisa berisi belasan belalang mentah. Sedang belalang yang sudah diolah menjadi masakan bisa diperoleh di pusat penjualan oleh-oleh di Gunung kidul atau pun pasar tradisional. Belalang yang telah dimasak tersebut bisa tahan hingga seminggu.

Sayangnya tidak semua orang bisa memakan belalang, karena bagi yang tidak terbisa dapat mengakibatkan alergi. Hingga kini penelitian tentang khasiat Belalang Kayu tengah dikembangkan, bahkan sekarang telah cukup banyak dijumpai komoditas tepung belalang.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Belalang Kayu Yang Kaya Protein ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Dan Khasiat Bekicot. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

loading...