Manfaat Dan Khasiat Bekicot

Manfaat Dan Khasiat Bekicot – Bekicot yang bernama latin Achatina fulica ini berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir semua penjuru dunia akibat terbawa oleh kapal dagang. Tercatat sejak tahun 1933, bekicot telah ada diseputaran Batavia. Tetapi sumber lain mengatakan bekicot masuk ke Nusantara pada tahun 1942 oleh kapal-kapal Jepang.

manfaat bekicot
Hewan berlendir ini telah lama dilirik orang untuk dikonsumsi karena memiliki kadungan gizi dan nutrisi yang tinggi. Berdasarkan penelitian Creswell dan Kopiang pada 1981, daging bekicot mengandung asam amino dan protein tinggi. Cangkangnya juga kaya kalsium. Secara detail, protein yang terkandung sekitar 12 gram/ 100 gram, lemak 1%, hidrat arang 2%, kalsium 237 mg, fosfor 78 mg, Fe 1,7 mg, serta vitamin B komplek (terutama B12).

Daging bekicot bisa dibuat menjadi berbagai olahan seperti sate, keripik, serta rempeyek. Masyarakat percaya bahwa manfaat daging bekicot bisa sebagai obat sejumlah penyakit. Tapi jika tidak terlalu suka dengan bentuk dagingnya atau merasa jijik, daging bekicot bisa diubah menjadi ekstrak lalu dimasukkan ke dalam kapsul.

Sentra lokasi peternakan bekicot banyak ditemukan di masyarakat pedesaan Jawa Timur, Bogor (Jawa Barat), Sumatera Utara dan Bali.

Manfaat dan khasiat daging bekicot yang diolah atau telah menjadi ekstrak berkasiat untuk alternatif obat:

– gatal dan kudis
– batuk
– asma
– TBC
– sakit waktu menstruasi
– radang selaput mata
– gangguan jantung

Kasiat dan manfaat bekicot tidak hanya pada dagingnya saja, tetapi juga pada lendirnya. Manfaat lendir bekicot antara lain untuk alternatif obat:

– menyembuhkan luka yang masih baru
– sakit gigi
– TBC

Untuk menyembuhkan luka, ambil satu ekor bekicot lalu cuci bagian cangkangnya dengan air hingga bersih. Setelah itu, potong bagian ujung cangkang yang berbentuk lancip. Tidak perlu terlalu panjang, kira-kira setengah sentimeter saja. Akan keluar cairan lendir dari lubang cangkang itu. Oleskan pada luka, biarkan sementara waktu dan luka akan mengering dengan sendirinya.

Untuk sakit gigi, teteskan cairan itu pada kapas lalu sumbatkan kapas tersebut pada bagian gigi yang bolong dan sakit.

Untuk penyakit TBC, ambil lendir itu dan tampung dalam sebuah sendok dan minum langsung. Tetapi kalau merasa jijik dan amis, bisa ditambahkan sedikit madu. Minum ramuan ini tiga kali seminggu.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Dan Khasiat Bekicot ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Belatung Untuk Pengobatan Luka Infeksi. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

loading...