Manfaat Dan Khasiat Belut Sawah Untuk Kesehatan Serta Kandungan Gizinya

Manfaat Dan Khasiat Belut Sawah Untuk Kesehatan Serta Kandungan Gizinya – Belut atau monopterus Albus merupakan jenis ikan darat dari famili Synbranchidae. Belut adalah ikan yang tidak mempunyai sisik, sirip atau anggota lain untuk bergerak. Hewan ini biasa ditemukan didaerah tropis. Habitatnya di tempat berlumpur, genangan air tawar, juga aliran air yang kurang deras. Jenis belut yang paling populer di Indonesia adalah belut sawah(Manopterus Albus Zuieuw).

Manfaat Dan Khasiat Belut Sawah Untuk Kesehatan Serta Kandungan GizinyaBelut mengandung protein sebanyak 18,4 g dari setiap 100 g daging belut, setara dengan protein daging sapi (18,8 g/100g). Manfaat keunggulan protein belut adalah mudah dicerna hingga sangat baik untuk dikonsumsi segala usia.

Protein dalam belut juga kaya akan beberapa asam amino, yakni:

-leusin yang berfungsi untuk perombakan dan pembentukan protein otot.
-lisin yang penting untuk pertumbuhan serta memperbaiki otot.
-asam aspartat yang berfungsi untuk membantu kerja neurotransmitter.
-asam glutamat yang menjadikan rasa daging belut menjadi gurih dan berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Seperti kita lihat diatas, kegunaan dan khasiat berbagai kandungan gizi tersebut bermanfaat untuk pertumbuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Daging belut juga mengandung arginin atau asam amino non esensial yang mampu meningkatkan produksi hormon. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel sel kanker payudara. Selain itu, asam amino arginin juga penting bagi kesehatan jantung, membantu detoksifikasi hati serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Asam amino ini juga diperlukan bagi pelepasan hormon pertumbuhan dan terbukti memiliki kasiat membantu kasus gangguan ginjal, serta meningkatkan jumlah sperma dan mobilitas sperma pria.

Karena orang dewasa membutuhkan zat besi sekitar 25 mg/hari, maka dengan makan belut 125 gram/hari, sudah mampu memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh. Kandungan zat besi pada belut adalah 20 mg per 100 g daging belut. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan zat besi pada telur dan daging. Perlu diketahui bahwa zat besi adalah pembentuk hemoglobin darah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Di samping itu, belut juga kaya akan fosfor yang nilainya dua kali lipat dari fosfor telur. Fosfor adalah unsur yang bersama kalsium membuat tulang menjadi kokoh dan kuat, hingga mampu mengurangi resiko terserang osteoporosis. Selain itu belut juga mengandung vitamin A dan vitamin B.

Namun, sayangnya belut termasuk jenis hewan berkadar lemak tinggi dan berkolesterol tinggi. Untuk mengurangi kadar lemak pada belut dapat dilakukan dengan cara memanggangnya diatas bara api. Proses tersebut mampu membuat lemak mencair dan keluar dari daging belut. Karena itu, sebaiknya belut tidak digoreng agar kadar lemaknya tidak bertambah banyak.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Dan Khasiat Belut Sawah Untuk Kesehatan Serta Kandungan Gizinya ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat dan Khasiat Telur Bebek Serta Kandungan Gizi Telur Bebek. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

loading...